Uswatun Khasanah, 102338013 (2016) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI MI NURUL IMAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (407kB) | Preview |
|
Text
USWATUN KHASANAH_PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS DI MI NURUL IMAN KECAMATAN TAMBAK KABUPATEN BANYU.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang universal yang meliputi seluruhaktivitas manusia, baik dalam rangka berhubungan dengan tuhan diri sendiri, sesama manusia, maupun lingkungan yang terwujud dalam pikiran, perasaan, perbuatannya berdasarkan norma-norma agama, hukum tata krama, budaya dan adat istiadat. Usaha yang dapat dilakukan untuk membentuk karakter pada intinya bertujuan membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Karakter religius adalah karakter manusia indonesia yang selalu menyandarkan segala aspek kehidupannya kepada agama. Ia menjadikan agama sebagai penuntun dan panutan dalam setiap tutur kata, sikap, dan perbuatannya, taat menjalankan perintah tuhannya dan menjauhi larangannya. Rumusan masalah yang diteliti adalah “Bagaimana pembentukan karakter religiuspeserta didik di MI Nurul Iman Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas?” Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pembentukan karakter religius peserta didik di MI Nurul Iman Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan aktivitas analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification. Hasil penelitian pembentukan karakter religius di MI Nurul Iman yaitudengan memberikan pemahaman, pembiasaan dan keteladanan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam kehidupan di madrasah. Beberapa bentuk pengembangan karakter religius di MI Nurul Iman, yaitu membiasakan salam, senyum, dan sapa, membiasakan berjabat tangan antara peserta didik dengan peserta didik, peserta didik laki-laki dengan peserta didik laki-laki, peserta didik perempuan dengan peserta didik perempuan, membiasakan berdoa pada saat akan mulai dan akhir pembelajaran, membaca Al Qur’an, membiasakan shalat Dhuha, shalat Dhuhur berjamaah, Jum’at bersih, infaq Jum’at, menyelenggarakan PHBI (Maulid Nabi, Nuzulul Al Qur’an), membaca Al Asma Al Husna, Kajian Kitab Mabadil Fiqih, serta kegiatan ekstra seni dan MTQ. Kata-kata kunci:Pembentukan Karakter Religius, MI Nurul Iman
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 19 Sep 2016 00:28 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 00:28 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1168 |
Actions (login required)
View Item |