PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII DI MTS NEGERI 5 KEBUMEN

Rizqi, Yanalul Barokah (2021) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT KELAS VII DI MTS NEGERI 5 KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizqi Yanalul B_Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Materi Segitiga dan Segiempat Kelas VII di MTs Negeri 5 Kebumen.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Alat evaluasi merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara langsung dengan guru matematika bahwa selama pembelajaran online, evaluasi dilaksanakan dengan menggunakan google form yang dicantumkan di e-learning sekolah, tetapi google form belum bisa melakukan pembatasan waktu pengerjaan soal. Sehingga dibutuhkan alat evaluasi yang variatif dan praktis dengan tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran butir soal yang baik. Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan alat evaluasi menggunakan aplikasi quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi menggunakan aplikasi quizizz serta mengetahui penilaian peserta didik terhadap alat evaluasi yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan instrumen tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat evaluasi menggunakan aplikasi quizizz valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi sebesar 4,3 dengan kriteria “sangat valid”, hasil validasi ahli media sebesar 4,6 dengan kriteria “sangat valid” dan hasil validasi guru matematika sebesar 4,1 dengan kriteria “sangat valid”. Pada validitas butir soal menunjukkan semua soal valid dan reliabilitas butir soal sebesar 0,54 dengan kategori reliabel. Kemudian hasil penilaian peserta didik sebesar 0,95 dengan kriteria “sangat praktis”. Selanjutnya pada uji daya pembeda butir soal menunjukkan 8 soal dengan kategori sedang dan 2 soal dengan kategoori jelek, sedangkan pada uji kesukaran butir soal menunjukkan 8 soal dengan kategori sedang dan 2 soal dengan kategori mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Evaluasi, Aplikasi Quizizz, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika
Depositing User: Rizqi Yanalul Barokah sdri
Date Deposited: 25 Oct 2021 02:18
Last Modified: 25 Oct 2021 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11671

Actions (login required)

View Item View Item