Siti Latifah R, 092334057 (2016) METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (912kB) | Preview |
|
Text
SITI LATIFAH RAHAYUNI_METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaranseorang guru harusmengetahuidenganjelastujuan yang hendakdicapainya. Tujuanpendidikandanpengajaranjugaberfungsi agar tujuanpembelajarandapattercapaidengan optimal, untukituseorangpendidikdalammemilihdanmenentukanharustepat.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiUntukmengetahuiBagaimanakahMetodePembelajaran Mata PelajaranFiqih di MI Ma’arif NU 02 KaranggambasKecamatanPadamaraKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2015/2016. Penelitian yang penulislakukaniniadalahtermasukdalampenelitiandiskriptif.Dan dalamperjalananmengumpulkan data, penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dokumentasi.Sedangkanuntukanalisisnya, penulismenggunakanteknikanalisisdeskriptifyaituberupapenggambarandengan kata-kata ataukalimat yang dipisah-pisahkanmenurutkategori data penelitiangunamendapatkansuatukesimpulan, gambarandengan kata-kata ataukalimatdengancarainduktif. Hasildaripenelitian yang dilakukanpenulisdapatdisampaikanbahwa guru DalampembelajaranFiqihMateripembelajaranFiqih di MI Ma’arif NU 2 Karanggambas yang termasukkedalamcakupanranahpsikomotorikadalahtaharah (wudlu) danshalat (shalatfardlu, shalatIdulFitridanIdulAdha), yang dibarengidenganmateriadzandaniqamah, do’a-do’aataudzikir. Metode yang digunakan guru dalampenyampaianmateripembelajaranFiqihadalah: metodeceramah, metodedemonstrasi, metode Tanya jawab, metodekerjakelompok., DalampenyampianpembelajaranranahpsikomotorikmatapelajaranPendidikan Agama Islam guru lebihcenderungmenggunakanmetodepraktekbukanstrategi, disinistrategitidakterlaluefektifdigunakanoleh guru. Pembelajarancenderungmonotonkarena guru lebihbanyakmenggunakansatumetodesaja.Anak-anak di MI Ma’arif NU 2 Karanggambasdididikuntukselalumengerjakanshalat 5 waktu, shalatJum’atbagianaklaki-laki, adzandaniqamah, wudlu, yaitudengancara guru mengajarkandengancarademonstrasiatauprakteklangsung yang ditujukan agar anakbisamelakukangerakanshalat, wudlubesertabacaannyadenganbenar, danbisadipraktekandalamkehidupansehari-hari. Kata - Kata Kunci: Guru, Pelaksanaanpembelajaran, Mata PelajaranFiqih
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 19 Sep 2016 00:27 |
Last Modified: | 19 Sep 2016 00:27 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1166 |
Actions (login required)
View Item |