METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Siti Latifah R, 092334057 (2016) METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 02 KARANGGAMBAS KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
SITI LATIFAH RAHAYUNI_METODE PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaranseorang guru harusmengetahuidenganjelastujuan yang hendakdicapainya. Tujuanpendidikandanpengajaranjugaberfungsi agar tujuanpembelajarandapattercapaidengan optimal, untukituseorangpendidikdalammemilihdanmenentukanharustepat.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiUntukmengetahuiBagaimanakahMetodePembelajaran Mata PelajaranFiqih di MI Ma’arif NU 02 KaranggambasKecamatanPadamaraKabupatenPurbalinggaTahunPelajaran 2015/2016. Penelitian yang penulislakukaniniadalahtermasukdalampenelitiandiskriptif.Dan dalamperjalananmengumpulkan data, penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dokumentasi.Sedangkanuntukanalisisnya, penulismenggunakanteknikanalisisdeskriptifyaituberupapenggambarandengan kata-kata ataukalimat yang dipisah-pisahkanmenurutkategori data penelitiangunamendapatkansuatukesimpulan, gambarandengan kata-kata ataukalimatdengancarainduktif. Hasildaripenelitian yang dilakukanpenulisdapatdisampaikanbahwa guru DalampembelajaranFiqihMateripembelajaranFiqih di MI Ma’arif NU 2 Karanggambas yang termasukkedalamcakupanranahpsikomotorikadalahtaharah (wudlu) danshalat (shalatfardlu, shalatIdulFitridanIdulAdha), yang dibarengidenganmateriadzandaniqamah, do’a-do’aataudzikir. Metode yang digunakan guru dalampenyampaianmateripembelajaranFiqihadalah: metodeceramah, metodedemonstrasi, metode Tanya jawab, metodekerjakelompok., DalampenyampianpembelajaranranahpsikomotorikmatapelajaranPendidikan Agama Islam guru lebihcenderungmenggunakanmetodepraktekbukanstrategi, disinistrategitidakterlaluefektifdigunakanoleh guru. Pembelajarancenderungmonotonkarena guru lebihbanyakmenggunakansatumetodesaja.Anak-anak di MI Ma’arif NU 2 Karanggambasdididikuntukselalumengerjakanshalat 5 waktu, shalatJum’atbagianaklaki-laki, adzandaniqamah, wudlu, yaitudengancara guru mengajarkandengancarademonstrasiatauprakteklangsung yang ditujukan agar anakbisamelakukangerakanshalat, wudlubesertabacaannyadenganbenar, danbisadipraktekandalamkehidupansehari-hari. Kata - Kata Kunci: Guru, Pelaksanaanpembelajaran, Mata PelajaranFiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 19 Sep 2016 00:27
Last Modified: 19 Sep 2016 00:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1166

Actions (login required)

View Item View Item