Zahra, Alfeina (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI KARANGTALUN 04 CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
ZAHRA ALFEINA_1717405042.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (707kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Karangtalun 04 Cilacap. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Karangtalun 04 Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, observasi (pengamatan), wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Dan objek dari penelitian ini yaitu peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Karangtalun 04 Cilacap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri Karangtalun 04 antara lain, peran kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja, peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran, peran kepala sekolah dalam penciptaan guru profesional, peran kepala sekolah dalam menghadapi konflik di sekolah, peran kepala sekolah dalam pembinaan karakteristik guru. Adapun yang dilakukan guru untuk meningkatkan profesionalitasnya tentunya dengan dorongan dari kepala sekolah yaitu guru ikut serta dalam webinar, guru mengikuti PPG (pendidikan profesi guru), guru non PNS mendaftar PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), guru melakukan pembelajaran bersama siswa sesuai dengan kreativitasnya, guru bersama wali murid saling berhubungan dengan harmonis guna kelancara pembelajaran daring, untuk mengembangkan inovasinya guru membuat kritik dan saran untuk guru yang diberikan kepada wali murid terkait pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Guru Profesional, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion 400 Language > 406 Organizations and management 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sdri Zahra Alfeina |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:46 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:46 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11650 |
Actions (login required)
View Item |