PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI NURUL HUDA KLAREYAN PETARUKAN PEMALANG

Sirot, 1223302045 (2016) PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI NURUL HUDA KLAREYAN PETARUKAN PEMALANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
SIROT_PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab secara umum di tingkat Madrasah Ibtida’iyah (MI) dikenalkan di kelas IV berdasarkan kurikulum lama (KTSP). Kurikulum 2013 baru diterapkan di kelas awal (kelas I) dan tengah (kelas IV). Hal ini menjadikan bahasa Arab adalah hal baru bagi kelas IV. Siswa kelas IV di MI Nurul Huda Klareyan memiliki kemampuan dasar bahasa Arab yang berbeda dikarenakan ada beberapa siswa yang mengikuti pendidikan di Madrasah Diniyah, guru harus menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak menjenuhkan. Maka dari itu, dibutuhkan metode yang efektif dan efesien. Alternatif metode yang dipilih yaitu metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang merupakan metode yang cocok untuk pembelajaran yang menekankan kolaboratif membaca dan menulis secara kelompok. Maka penulis meneliti tentang pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode cooperative integrated reading and composition di MI Nurul Huda Klareyan Petarukan Pemalanag. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Nurul Huda Klareyan Petarukan Pemalang, siswa kelas IV MI Nurul Huda Klareyan Petarukan Pemalang dan kepala MI Nurul Huda Klareyan Petarukan Pemalang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan metode cooperative integrated reading and compositiondalam pembelajaran bahasa Arab di kelas cukup efektif, untuk mengembangkankan keterampilan menulis dan membaca siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat diketahui dari prinsip-prinsip pembelajaran bahsa Arab, pelaksanaan dengan metode CIRC sudah sesuai dengan teori dan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci: metode cooperative integrated reading and composition, pembelajaran bahasa Arab, MI Nurul Huda Klareyan Petarukan Pemalang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 19 Sep 2016 00:27
Last Modified: 19 Sep 2016 00:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item