Strategi Pembelajaran Kreatif Menulis Puisi pada Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas

MUSLIMAH, MUSLIMAH (2021) Strategi Pembelajaran Kreatif Menulis Puisi pada Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Tesis Muslimah 191763008.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis menjadi salah satu bagian dari empat keterampilan yang harus dikuasi peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi keterampilan menulis puisi dengan orientasi mengasah kemampuan berpikir kritis dan empati siswa. Dalam pembelajaran, keterampilan menulis puisi kadang dianggap sebelah mata oleh siswa karena dirasa kurang menarik. Oleh karena itu, kreativitas dalam menyampaikan materi pembelajaran menulis puisi memerlukan berbagai macam strategi dan metode pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode analisis deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa kelas IV dari masingmasing MI di Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Strategi pembelajaran kreatif Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis puisi pada MI di Kecamatan Purwojati Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Masing-masing sekolah memiliki metode yang berbeda untuk dipakai dalam strategi pembelajaran kreatif mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis puisi yakni penggunaan media gambar, penerapan model pembelajaran berbasis masalah, dan penerapan model pembelajaran berbasis proyek. (2) Penggunaan model atau metode yang berbeda tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi, baik dari segi proses maupuan dari segi hasil karya puisi. Selain itu penggunaan strategi pembelajaran tersebut dapat membantu siswa mengembangkan perilaku aktif, komunikatif, kolaboratif, dan kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kreatif, Menulis Puisi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muslimah Muslimah sdri
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:12
Last Modified: 21 Oct 2021 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item