Maela, Nil Fauzi (2021) ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS (SWOT) DALAM STRATEGI BERSAING BISNIS PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DANA MENTARI KARANGLEWAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
Maela Nil Fauzi_ANALISIS STRENGTHS, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, THREATS (SWOT) DALAM STRATEGI BERSAING BISNIS PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DANA MENTARI KARANGLEWAS.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
BMT merupakan kelompok swadaya masyarakat yang bernaung di bawah Departemen Koperasi dan UMKM yang sesuai dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992. BMT Dana Mentari Karanglewas ada sejak 1995 dan diresmikan pada 01 Oktober 1995. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT sebagai alat analisis untuk menemukan strategi yang tepat bagi BMT. Menurut Freddy Rangkuti, SWOT adalah identitas berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi pelayanan. SWOT didasarkan atas logika yang dapat memaksiMaalkan peluang, namun dapat juga meminiMaalkan kekurangan dan ancaman (Utami, 2012). Proses pengambilan keputusan strategis berkaitan dengan pengembangan tujuan, misi, strategi, dan kebijakan dalam mengembangkan BMT. Sebelum pengambilan keputusan, maka diperlukan analisis terhadap faktor strategi internal dan eksternal (SW dan OT) dari perusahaan. Pada penelitian ini strategi yang dibahas adalah strategi bersaing bisnis. Menurut Michael Porter, strategi bersaing adalah kombinasi antara tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dengan alat kebijakan, di mana perusahaan harus mencapai target yang direncanakan. Berdasarkan pendekatannya, penelitian yang peneliti lakukan termasuk dalam penelitian kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianlisis menggunakan deskripsi-analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BMT Dana Mentari Karanglewas telah menerapkan strategi bersaing bisnis untuk mempertahankan eksistensinya. Walaupun berlandaskan syariah Islam penerapan strategi bersaing tetap ada, namun tetap menjunjung nilai fastabikul khairaat (berlomba-lomba dalam kebaikan) dengan para pesaingnya (BMT lainnya). Keunggulan lain yang dimiliki antara lain trust dari anggota, teknologi yang dipakai, produk yang ditawarkan, dan simpanan wajib serta simpanan pokok yang tidak memberatkan calon anggota. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Bersaing Bisnis, BMT Dana Mentari
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Strategi Bersaing Bisnis, BMT Dana Mentari |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Maela Nil Fauzi sdri |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:48 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11633 |
Actions (login required)
View Item |