Konsep Pendidikan Tauhid dalam Syair "Tulung Matulung" Karya Syekh Makhdum Khusen (Kajian Filologi)

Bagus, Likurnianto (2021) Konsep Pendidikan Tauhid dalam Syair "Tulung Matulung" Karya Syekh Makhdum Khusen (Kajian Filologi). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Bagus Likurnianto_Konsep Pendidikan Tauhid dalam Syair Tulung Matulung Karya Syekh Makhdum Khusen (Kajian Filologi).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-filologis, yakni penelitian yang bertujuan untuk menganalisis secara sistematis dan objektif suatu fakta dan sifat, serta hubungan di antara unsur-unsur dari suatu fenomena yang menggambarkan kerja filologi terhadap naskah kuno. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Braen teks syair kedua berjudul “Tulung Matulung” karya Syekh Makhdum Khusen (abad ke-15 hingga 16 Masehi). Data diperoleh dengan langkah kerja filologi, mulai dari inventarisasi naskah dan teks, deskripsi naskah dan teks yang diolah dengan kodikologi dan tekstologi hingga dianalisis dengan ditransliterasi, diterjemahkan, hingga dilakukan pemaknaan. Hasil dari penelitian yang diperoleh antara lain; ditemukan dua versi teks dari hasil kodifikasi terhadap dokumentasi pembawaan tradisi kesenian Braen desa Tajug dan Pekiringan ditambah dua bendel versi naskah diperoleh dari penelusuran arsip pribadi Rubiah (pemimpin tradisi) desa Sawangan dan Rajawana, serta satu bendel salinan naskah versi Rajawana pada arsip desa setempat. Semua kondisi naskah yang ditemukan dalam keadaan baik. Kemudian dilakukan suntingan untuk membenarkan keberadaan diksi-diksi yang korup dengan membandingkan teks satu dengan lainnya. Dilanjutkan penerjemahan secara kontekstual dengan metode terjemahan agak bebas, yakni menerjemahkan dengan panduan terjemahan makna ditambah hasil wawancara dengan orang yang bersinggungan dengan teks. Setelahnya dilakukan analisis pemaknaan dengan pendekatan tekstologi terutama untuk mencari tahu muasal teks syair dituliskan hingga interpretasi yang dilakukan dengan analisis simbol dan metafora dalam syair, sehingga ditemukan isi rancangan yang merupakan cita-cita luhur penulisnya. Adapun teks berisikan konsep pendidikan tauhid yang sublim dalam simbol maupun metafora yang mengalusikan kepada ayat-ayat tauhid di dalam al-Qur’an, yakni simbol tulung matulung, sirulah, walilirena, pangeransa kamurahan. Serta metafora pendidikan tauhid, yaitu kalimat yang menyatakan rancangan pendidikan tauhid secara tersirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: filologi, syair, pendidikan tauhid.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.71 Seni Sastra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Bagus Likurnianto sdr
Date Deposited: 20 Oct 2021 18:08
Last Modified: 20 Oct 2021 18:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11603

Actions (login required)

View Item View Item