STUDI KOMPARATIF TENTANG PENETAPAN AWAL PUASA RAMADAN ANTARA ISLAM ABOGE DAN NAHDLATUL ULAMA (STUDI KASUS DI DESA ONJE KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA)

SHELA, MAULIN SYIFANA (2021) STUDI KOMPARATIF TENTANG PENETAPAN AWAL PUASA RAMADAN ANTARA ISLAM ABOGE DAN NAHDLATUL ULAMA (STUDI KASUS DI DESA ONJE KECAMATAN MREBET KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SHELA MAULIN SYIFANA-STUDI KOMPARATIF TENTANG PENETAPAN AWAL PUASA RAMADAN ANTARA ISLAM ABOGE DAN NAHDLATUL ULAMA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Desa Onje merupakan desa tertua yang berpengaruh lahirnya Kabupaten Purbalingga. Di Desa Onje juga terdapat pusat penyebaran Islam lokal di Kabupaten Purbalingga yakni di Masjid Raden Sayyid Kuning yang dulu diyakini dibangun oleh para Wali Songo dan masih berkembang hingga sekarang disebut “Aboge”. Aboge adalah dasar perhitungan Almanak (Kalender) dalam satu windu. Selain cerita Onje dan Aboge, sebagian warga Onje lebih cenderung ke Nahdlatul Ulama. Ini perlu diungkap untuk mengetahui bagaimana menyikapi perbedaan antara Aboge dan NU dalam penetapan awal puasa Ramadan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode komparatif yaitu membandingkan perbedaan dan persamaan objek yang diteliti sehingga dapat dipahami secara baik dan benar. Penelitian ini menunjukkan bahwa perbedaan pandangan Aboge dan Nahdlatul Ulama terletak pada metode penetapan awal puasa/Ramadan. Masyarakat Islam Aboge menggunakan perhitungan sistem kalender Aboge. Jenis hisab yang dipakai masyarakat Islam Aboge yaitu termasuk hisab ‘Urfi. Sedangkan Dalam menentukan awal Ramadan Nahdlatul Ulama memiliki suatu metode yang sah untuk diikuti. Metode tersebut adalah Ru’yah al-hila>l.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penetapan Awal Puasa, Aboge, Nahdlatul Ulama, dan Desa Onje.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.13 Puasa dan Aspek lainnya( Wajib, Sunah, lailatul Qadar dll))
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: SHELA MAULIN SYIFANA
Date Deposited: 18 Oct 2021 22:15
Last Modified: 18 Oct 2021 22:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11569

Actions (login required)

View Item View Item