NASFATIKHAH, NIM. 102333035 (2014) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
NASFATIKHAH_MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (803kB) | Preview |
Abstract
Pengawas sebagai salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan yaitu melakukan supervisi sebagai pembinaan yang diberikan kepada seluruh staff sekolah terutama kepala sekolah dan guru agar mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk mengelola sekolah dan mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik. Pemberdayaan pengawas merupakan suatu cara yang akan sangat membantu pengawas dalam meningkatkan kecakapannya dalam rangka menjalankan tugas sebagai pengawasterlebih mereka mengemban tugas yang dikatakan cukup berat dimana jumlah pengawas lebih sedikit dari jumlah sekolah yang harus diawasi yaitu satu pengawas memiliki tugas untuk mengawasi sekolah dalam dua kecamatan,yang tentunya dalam kecamatan terdapat banyak masdrasah yang harus di awasi mulai dari MI, MTs, MA, kegiatan ini tentunya sangat berat dan membutuhakan keahlian yang khusus untuk menangani agar mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Tujuanpenelitianiniadalahmengetahuimanajemen pemberdayaan pengawas pendidikan Agama Islam di kantor kementerian agama kabupaten Banyumas. Penelitianinimerupakanpenelitian yang berjenispenelitianlapangan (field research). Dan metode yang digunakanpadapenelitianiniyaitumetodedeskriptifkualitatifanalisis non statis. Untukmemperoleh data tentangmanajemenkegiatan-kegiatan yang dilaksanakanyaituperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, danpengawasan pemberdayaan pengawas.Adapun proses pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Subjekdaripenelitianiniyaitukepala pengawas, para pengawas pendidikan Agama Islam yang mereka terkumpul dalam POKJAWAS Dari analisis yang penulislakukandapatdiambilkesimpulanbahwa: 1. Perencanaanpemberdayaan pengawas Pendidikan Agama Islam telahdilaksanakandenganbaikkarenasudahmemenuhiunsur-unsurdalamperencanaan. 2. Pengorganisasian pemberdayaan pengawas Pendidikan Agama Islamtelahdilaksanakandenganbaikmeskipun semi terstruktur karena menyesuaikan dengan keadaan. 3. Pelaksanaanpemberdayaan pengawas Pendidikan Agama Islam telahdilaksanakandenganbaikkarenasudahsesuaidenganperencanaan. 4. Pengawasan pemberdayaan pengawas Pendidikan Agama Islam dilaksanakanbaikkarenaevaluasidirencanakan secara rinci sesuai jenjang pengawas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemberdayaan, pengawas |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 01:47 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 01:47 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1155 |
Actions (login required)
View Item |