IMPLEMENTASI METODE TAKROR DALAM PEMBELAJARAN KITAB AL-MABADI AL-FIQHIYAH KARYA SYAIKH UMAR ABDIL JABBAR DI PONDOK PESANTREN EL-BAYAN DESA PADANGSARI, MAJENANG, CILACAP

Mushchaf, Nur Abadan (2021) IMPLEMENTASI METODE TAKROR DALAM PEMBELAJARAN KITAB AL-MABADI AL-FIQHIYAH KARYA SYAIKH UMAR ABDIL JABBAR DI PONDOK PESANTREN EL-BAYAN DESA PADANGSARI, MAJENANG, CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab_I_Bab_V_Daftar Pustaka.pdf - Additional Metadata

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mushchaf Nur Abadan_Implementasi Metode Takror dalam Pembelajaran Kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyah Karya Syaikh Umar Abdul Jabbar di Pondok Pesantren El-Bayan Desa Padangsari Majenang Cilacap.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Dalam mengembangkan mutu kualitas pondok pesantren, maka dibutuhkan pengembangan komponen kurikulum pondok pesantren dalam upaya tersebut. Kurikulum yang berisi dari tujuan, isi, dan langkah dalam penerapannya juga berlaku dalam pembelajaran yang berlangsung dalam sebuah pengajaran. Sehingga, tujuan kurikulum bisa tercapai dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, mulai dari penerapan metode-metode pembelajaran adalah salah satu usaha dalam peningkatan kurikulum pondok pesantren. Penelitian dilakukan di salah satu pondok pesantren yang sudah lama dikenali oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia karena pada kenyataannya, tidak sedikit santri yang berasal dari luar daerah sendiri (pulau Jawa) dan mereka mendapatkan prestasi yang baik, yaitu Pondok Pesantren El-Bayan yang terletak di Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Dalam pengembangan mutu dan kualitas pondok juga diterapkan metode pembelajaran yang cukup menarik, yaitu metode pembelajaran takror yang mendapatkan respons baik dari pendidik dan tenaga pendidik. Singkat hasil yaitu penerapan metode pembelajaran takror yaitu sebagai pembelajaran kedua setelah pembelajaran biasa ini dilakukan di malam hari. Juga dalam pelaksanaan pembelajaran takror ini, diisi dengan kegiatan-kegiatan yang mampu mengasah, mengingat kembali dan menguatkan ingatan dan pengetahuan santri-santri Pondok Pesantren El-Bayan. Melalui kegiatan ini pula, berpengaruh terhadap pembelajaran dan menciptakan santri serta output yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, pendidikan, pembelajaran, kitab, pondok pesantren, majenang
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.7 Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Mushchaf Nur Abadan
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:51
Last Modified: 18 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item View Item