ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA FURNITURE (Studi Kasus Pada KS Abadi Jaya Furniture Kabupaten Banjarnegara)

Fajar, Nur Samsi (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA FURNITURE (Studi Kasus Pada KS Abadi Jaya Furniture Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Fajar Nur Samsi_ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA FURNITURE (Studi Kasus Pada KS Abadi Jaya Furniture Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang membutuhkan pemahaman serius, hal yang paling menentukan dalam berbisnis yaitu merancang sebuah strategi, sehingga bisnis yang dijalankan mendapatkan prospek yang bagus. KS Abadi Jaya Furniture merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri furniture yang memproduksi berbagai jenis furniture berbahan dasar kayu. Didirikan oleh Bapak Karso pada tahun 1996. KS Abadi Jaya Furniture menerapkan strategi pemasarannya dengan Bauran pemasaran (product) produk, (place) tempat, (price) harga, (promotion) promosi dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian, dan kemudian penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam skripsi ini menggunakan metode tringgulasih. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KS Abadi Jaya Furniture telah menjalankan strategi pemasaran yaitu Bauran pemasaran dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning). Berdasarkan analisis bauran pemasaran, diketahui bahwa produk, tempat, harga, dan promosi sudah sesuai dengan strategi pemasaran syariah. Dimana produk yang dijual tidak haram, distribusinya mengandalkan media online dan offline, harga tidak memberatkan konsumen, dan promosinya menggunakan metode pemasaran yang sesuai dengan ajaran islam. Sedangkan STP (Segmentation, Targeting, Positioning). segmentation yang dilakukan oleh KS Abadi Jaya Furniture menggunakan segmentasi geografis, demografis, psikografis, dan prilaku. Targeting yang dituju yakni orang-orang dari kalangan bawah hingga atas kemudian konsumen yang ada disekitaran tempat usaha. Positioning yang dilakukan dengan menggunakan positioning menurut harga dan kualitas serta menurut para pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, STP (Segmentation, Targeting, Positioning).
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fajar nur samsi sdri
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:41
Last Modified: 15 Oct 2021 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item