IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN MITRAGUNA BERKAH (STUDI PADA PT.BANK SYARIAH INDONESIA,TBK KCP AJIBARANG

Maela, Ciptiyani (2021) IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN MITRAGUNA BERKAH (STUDI PADA PT.BANK SYARIAH INDONESIA,TBK KCP AJIBARANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Maela Ciptiyani_Implementasi Customer Relationship Management Dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan Mitraguna Berkah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Untuk dapat menjaga eksistensinya dalam bersaing dengan bank lain, setiap lembaga keuangan khususnya perbankan harus mampu memberikan pelayanan yang baik kepada para nasabahnya, karena kualitas layanan tetap menjadi suatu hal yang sangat penting bagi perbankan. Apalagi diikuti dengan adanya merger bank, yang pasti untuk melewati itu semua tidaklah mudah. Hal ini bila diusut akan menuntun kita pada satu faktor penting, diluar kekuatan modal, yang dibutuhkan untuk menghadapi bank tersebut adalah kepercayaan nasabah terhadap bank, yang dapat dibentuk dari sebuah komunikasi. Proses komunikasi juga menjadi salah satu strategi bagi perbankan untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan nasabah. Begitupun dalam memberikan pelayanan, bank harus mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik untuk bisa mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah khususnya nasabah pembiayaan Mitraguna Berkah yaitu melalui Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi CRM dan apa saja upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Ajibarang dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Mitraguna Berkah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Kemudian untuk melakukan pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KCP Ajibarang berhasil mempertahankan jumlah nasabah pembiayaan Mitraguna Berkah melalui Strategi CRM, Operasional CRM, Analitikal CRM, dan Kolaboratif CRM yang mana dari ke empat tipe CRM tersebut hanya dapat bekerja secara efektif dengan tiga komponen utama CRM, yaitu Manusia, Proses, dan Teknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Pembiayaan Mitraguna, Implementasi, Strategi CRM, Operasional CRM, Analitikal CRM, dan Kolaboratif CRM.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Maela Cipt Ciptiyani sdr
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:38
Last Modified: 11 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11465

Actions (login required)

View Item View Item