PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MATERI MUFRODAT DI MI MA'ARIF NU 1 SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2020/2021

Siti, Lutfah (2021) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MATERI MUFRODAT DI MI MA'ARIF NU 1 SUDIMARA KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI LUTFAH-PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SITI LUTFAH-PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa Al-quran karena bahasa Arab adalah bahasa terbaik yang pernah ada. Sebagai akibatnya, penguasaan bahasa Arab menjadi sangat penting dalam komunikasi kita dengan Allah untuk memuji kebesaran Allah dan Rasul-Nya, termasuk dalam hal berdoa. Bahasa Arab juga merupakan bahasa ilmu pengetahuan. Ada banyak kitab-kitab klasik yang dikarang oleh ulama-ulama terdahulu yang ditulis dalam bahasa Arab. Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam proses belajar mengajar yang dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada siswa baik berupa alat, orang, maupun bahan ajar. Selain itu, media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan siswa agar proses pembelajaran di kelas lebih efektif. Oleh karena itu, media pembelajaran sangat diperlukan saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan kuesioner. Penelitian ini bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab dan kendala apa yang terjadi dalam penggunaan media tersebut di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Sudimara. Analisis yang digunakan dalam penelitian mengacu pada analisis menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan media audio visual yang dilakukan guru adalah kegiatan persiapan sebelum menggunakan media audio visual, kegiatan pembelajaran menggunakan media audio visual. 2) kendala yang dihadapi guru adalah ketersediaan jumlah LCD/proyektor dan kurang pahamnya guru dalam menggunakan LCD/proyektor. 3) solusi yang dilakukan guru adalah menggunakan LCD/proyektor secara bergantian dengan semua guru yang ada di madrasah dan meminta tolong kepada staf TU bagaimana cara memasang LCD di kelas. Kata Kunci: pembelajaran bahasa Arab, media pembelajaran audio visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Audio Visual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Lutfah sdri
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:31
Last Modified: 11 Oct 2021 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11460

Actions (login required)

View Item View Item