ANALISIS PENGARUH KEUANGAN INKLUSIF TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2020

Isna, Yulia Ningsih (2021) ANALISIS PENGARUH KEUANGAN INKLUSIF TERHADAP RETURN ON ASSETS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE TAHUN 2015-2020. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isna Yulia Ningsih_Analisis Pengaruh Keuangan Inklusif Terhadap Return On Assets Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode Tahun 2015-2020.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perlambatan pertumbuhan ROA Bank Umum Syariah tidak menutup kemungkinan masih memiliki kaitan erat dengan kurangnya akses layanan dan penyediaan produk finansial Bank Umum Syariah yang belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keuangan inklusif sebagai salah satu program pemerintah dalam rangka menyediakan akses pada berbagai lembaga keuangan, produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat pada Bank Umum Syariah terhadap Return On Assets (ROA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data penelitian adalah studi kepustakaan dan dokumentasi. Populasi penelitian ini meliputi Bank Umum Syariah di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diambil dari annual report Bank Umum Syariah yang menjadi sampel serta data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang kependudukan dan Produk Domestik Bruto (PDB) periode tahun 2015-2020. Metode yang digunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan dimensi aksesibilitas, availabilitas, dan penggunaan jasa perbankan berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Umum Syariah. Secara parsial menunjukan dimensi aksesibilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Umum Syariah. Sedangkan dimensi availabilitas dan dimensi penggunaan jasa perbankan berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Umum Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keuangan Inklusif, Dimensi Aksesibilitas, Dimensi Availabilitas, Dimensi Penggunaan Jasa Perbankan, Return On Assets (ROA)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Isna Yulia Ningsih
Date Deposited: 28 Sep 2021 00:13
Last Modified: 28 Sep 2021 00:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item View Item