ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL DAHLAN : SEBUAH NOVEL KARYA HAIDAR MUSYAFA

Rifki, Aula Fadli (2021) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL DAHLAN : SEBUAH NOVEL KARYA HAIDAR MUSYAFA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIFKI AULA FADLI_ANALISIS NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL DAHLAN SEBUAH NOVEL KARYA HAIDAR MUSYAFA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian kali ini dilandasi oleh keprihatinan yang timbul dalam pikiran peneliti terhadap kondisi anak-anak di era sekarang ini. Dimana pendidikan lebih mementingkan nilai kognitif saja dibanding aspek yang lain. Sekolah bukan menjadi satu-satunya tempat untuk memperbaiki moral, buku bacaan sebagai media yang digunakan oleh sekolah juga dapat difungsikan sebagai media untuk mempelajari nilai pendidikan moral. Pesan-pesan yang terkandung dalam bacaan akan menstimulus anak untuk menyerap hikmah yang anak-anak baca. Untuk itu, permasalahan pada penelitian ini adalah nilai pendidikan moral apa saja yang terkandung dalam novel Dahlan: Sebuah Novel dan bagaimana penulis novel dalam menyampaikan nilai pendidikan moral ke dalam novel tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang berbentuk penelitian kepustakaan, karenanya peneliti hanya memakai objek utama berupa novel Dahlan: Sebuah Novel Karya Haidar Musyafa. Penjelasan di dalam penelitian ini akan berisi beberapa kutipan yang diambil dan kemudian di analisis dengan mengunakan analisis isi. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, peneliti mengklasifikasikan menjadi tiga bagian yang pertama nilai pendidikan moral dalam hubungan manusia dengan Tuhannya yang berisi mengenai keimanan, berdoa, beribadah dan bersyukur. Kedua, hubungan manusia dengan dirinya meliputi bersabar, ikhlas dan tanggungjawab. Untuk yang terakhir yaitu hubugan manusia dengan sesama meliputi kasih sayang orang tua terhadap anaknya, kasih sayang anak kepada orang tua, nasihat orang tua kepada anak, nasihat antar teman dan tanggungjawab anak kepada orang tua. Dan penyampaian nilai pendidikan moral dalam novel tersebut ada dua, yaitu disampaikan secara langsung yaitu Penulis menuangkan nilai moral dengan pelukisan tokoh yang bersifat uraian penulis dan uraian dari tokoh cerita. Yang kedua, tidak langsung berarti penulis memasukan melalui peristiwa dan konflik yang terjadi di dalam sebuah novel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan, pendidikan moral, novel Dahlan: Sebagai Novel.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
400 Language > 490 Other languages > 495 Languages of East and Southeast Asia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rifki Aula Fadli sdr
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:59
Last Modified: 29 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11377

Actions (login required)

View Item View Item