PERAN DIRECT SELLING DALAM MENJAGA SUSTAINABILITAS PERUSAHAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PT. NATURAL NUSANTARA YOGYAKARTA)

IMANAH, FINA DAIROTUN (2021) PERAN DIRECT SELLING DALAM MENJAGA SUSTAINABILITAS PERUSAHAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PT. NATURAL NUSANTARA YOGYAKARTA). Masters thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img] Text
TESIS_FINA DAIROTUN IMANAH_1717611001_PERAN DIRECT SELLING DALAM MENJAGA SUSTAINBILITAS PERUSAHAAN PERUSAHAAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PT. NATURAL NUSANTARA YOGYAKARTA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang peneliti tertarik melakukan penelitian ini, yaitu : Pertama,Pandemi covid-19 yang sedang melanda dunia saat ini mengakibatkan banyak aspek yang terdampak karena pandemi covid-19, aspek yang terdampak karena pandemi covid-19 yakni aspek ekonomi, pendidikan, insfratruktur, pariwisata, dan sosial. Dalam aspek ekonomi banyak sekali perusahaan, UMKM, yang dirugikan bahkan tidak sedikit gulung tikar karena pandemi covid-19. Kedua, Pernyataan Mentri Perdagangan yang menyatakan bahwa direct selling tetap survive di tengah pandemi covid-19, dan menjadi salah satu sektor usaha yang dapat menjaga roda perekonomian di Indonesia di tengah pandemi covid-19. Ketiga, Sistem Penjualan Langsung (direct selling) yang diterapkan pada PT. Natural Nusantara mampu bertahan di tengah pandemi covid-19. Didasarkan pada hal tersebut, maka terdapat dua pertanyaan besar dalam penelitian ini yaitu penerapan stategi direct selling di PT. Natural Nusantara Yogyakarta di masa pandemi covid-19 dan peran direct selling dalam menjaga sustainable perusahaan pada PT. Natural Nusantara di masa pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami dan menganalisis strategi direct selling PT. Natural Nusantara di masa pandemi Covid-19 dan peran direct selling dalam menjaga sustainable perusahaan pada PT. Natural Nusantara di masa pandemic covid-19. Teori ini didasarkan pada teori pemasaran, direct selling dan Komunikasi Pemasaran oleh Philip Khotler, Teori Sustaintainibilitas oleh Szekely Mariana, yang mana dapat dirumuskan beberapa poin mendasar yang meliputi konsep, strategi, dan Impementasinya. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis ekonomi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah Mitra-Mitra Usaha PT Natural Nusantara, bagian humas PT Natural Nusantara Yogyakarta, Pelaku Bisnis Direct Selling lain meliputi Member Oriflame, Member Shopie Martin, Member Tupperware, Member Amora. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran direct selling dalam menjaga sustainabilitas perusahaan di masa pandemi Covid-19 (Studi Kasus PT. Natural Nusantara Yogyakarta) yaitu Mitra Usaha PT. Natural Nusantara memaksimalkan online marketing dalam memasarkan produk dan merekrut anggota baru, baik melalui facebook, marketplace facebook maupun whatsaap. Peran dari PT. Natural Nusantara yaitu memaksimalkan penambahan produk baru, sesuai dengan yang dibutuhkan pada masa pandemi covid-19, contohnya produk untuk menjaga kekebalan tubuh. PT. Natural Nusantara melakukan pendampingan kepada stockist center (perwakilan kantor) dalam mengelola cashflow stockist center agar perputaran produk berjalan dengan lancar. PT Natural Nusantara melakukan pembinaan secara virtual terkait knowledge produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Direct Selling, Sustainabilitas, Pandemi Covid-19.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fina Dairotun Imanah sdri
Date Deposited: 26 Sep 2021 05:46
Last Modified: 26 Sep 2021 05:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11366

Actions (login required)

View Item View Item