Aniiqoh, Haniifatunnisa (2021) KARAKTER SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM BUKU KUMPULAN DONGENG KARAKTER BAIK UNTUK ANAK KARYA ARLEEN AMIDJAJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Aniiqoh Haniifatunnisa_Karakter Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Buku Kumpulan Dongeng Karakter Baik Untuk Anak Karya Arleen Amidjaja.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Anak usia dini memiliki berbagai macam karakter sosial emosional. Karakter tersebut dapat dilihat ketika anak berinteraksi dengan orang lain, misalnya merasa senang ketika bertemu dengan teman sebayanya, membantu orang lain ketika kesusahan, anak merasa sedih ketika dilarang melakukan sesuatu, dan lain sebagainya. Karakter sosial emosional antara anak yang satu dengan yang lainnya memiliki perkembangan yang berbeda-beda.Adanya perbedaan tersebut dapat disebabkan oleh pola asuh orangtua, stimulasi yang diberikan, lingkungan, budaya, dan lain-lain.Dalam mengembangkan karakter anak dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, misalnya ketika anak bermain, di sekolah, dan ketika anak berinteraksi dengan orangtuanya.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakter sosial emosional anak usia dini yang ada dalam buku kumpulan dongeng karya Arleen Amidjaja.Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa karakter sosial emosional yang ada di dalam buku Kumpulan Dongeng Karakter Baik Untuk Anak karya Arleen Amidjaja terdiri dari 7 (tujuh) karakter sosial emosional anak yaitu 1) karakter sosial kasih sayang, 2) karakter sosial berteman, 3) karakter sosial mengikuti aturan/ disiplin, 4) karakter sosial berusaha, 5) karakter emosional kurang percaya diri, 6) karakter emosional marah, dan 7) karakter emosional senang.Dalam mengembangkan karakter sosial emosional anak usia dini, orangtua maupun pendidik dapat melaksanakan kegiatan mendongeng. Salah satunya menggunakan buku Kumpulan Dongeng Karakter Baik Untuk Anak karya Arleen Amidjaja. Metode yang digunakan adalah metode bercerita, Metode bercerita dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan, memberikan keterangan, atau penjelasan tentang hal baru dalam rangka menyampaikan pembelajaran yang dapat mengembangkan berbagai kompetensi dasar anak usia dini. Langkah-langkah dalam membacakan buku Kumpulan Dongeng Karakter Baik Untuk Anak karya Arleen Amidjaja dengan metode bercerita adalah 1) menyiapkan alat peraga yang diperlukan, 2) mengatur posisi tempat duduk anak sesuai yang telah direncanakan, 3) memperhatikan posisi buku yang dipegang agar terlihat oleh anak, 4) merangsang anak untuk mendengarkan cerita, 5) sebagai pendahuluan, guru memperlihatkan sampul buku, menyebutkan judul buku dan penulis, dan membicarakan isi gambar, 6) membacakan cerita setiap halaman dengan intonasi suara dan ucapan yang jelas, 7) setelah mendongeng, beri kesempatan pada anak untuk menceritakan kembali dongeng yang telah disampaikan, dan 8) memberikan pujian dan motivasi kepada anak. Kata Kunci : Karakter Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Buku Dongeng
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Dongeng |
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia 800 Literature and rhetoric > 810 Kesusatraan Indonesia > 813 Fiction 800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages > 899 Other literatures |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Aniiqoh Haniifatunnisa sdr |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 20:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 20:13 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11363 |
Actions (login required)
View Item |