STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DANA PIHAK KETIGA DI BRI SYARIAH KCP KEBUMEN TAHUN 2016-2020

Jein, Shafira Azhar (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DANA PIHAK KETIGA DI BRI SYARIAH KCP KEBUMEN TAHUN 2016-2020. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
JEIN SHAFIRA AZHAR _STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya perbankan syariah di Indonesia, kompetisi antar pelaku bank syariah juga semakin tinggi berdampak semakin tinggi pula persaingan dalam segi keunggulan yang dimiliki suatu bank semakin tidak berkelanjutan. Maka, sebuah bank harus mealkukan beberapa upaya pembaruan yang tidak berakhir agar dapat menjadi pemenang pada segmennya. Karena itu sebuah bank harus memiliki sistem pemasaran yang teruji dengan baik menarik nasabah menabung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan memaparkan bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran bank BRI Syariah KCP Kebumen dalam meningkatkan dana pihak ketiga pada tahun 2016-2020 dan menjelaskan penerapan analis SWOT dalam strategi yang diambil. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara deskriptif analisis. Lokasi penelitian ini dilakukan di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Kebumen. Dengan sumber data yang terbagi menjadi dua yaitu, sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yaitu meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul digambarkan dan dijabarkan secara jelas mengenai objek penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Setelah itu data dirangkum, kemudian disajikan, setelah itu data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh bank BRI Syariah KCP Kebumen dalam meningkatkan dana pihak ketiganya yaitu dengan menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) 7P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotioni (Promosi), Process (Proses), People (Orang/SDM), Physical Evidence (Bukti Fisik) sebagai mempromosikan produknya. Dalam penelitian ini juga dijabarkan penerapan analisis SWOT dengan matriks SWOT dalam menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh bank BRI Syariah KCP Kebumen untuk mengetahui ancaman dan peluang yang dihadapi bank agar disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh bank dalam mencapai goals bank BRI Syariah KCP Kebumen yaitu meningkatkan dana pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Dana Pihak Ketiga
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Jein Shafira Azhar
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:01
Last Modified: 29 Sep 2021 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11358

Actions (login required)

View Item View Item