IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 CILACAP

Septi, Wahyu Nur'Aeni (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Septi Wahyu Nur'Aeni _Implementasi Pembelajarana Online Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran online yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang sudah ada sejak abad ke-18. Sejak awal pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi sederhana hingga terkini untuk pelaksanaan pembelajaran. Sehingga dapat menyampaikan materi sejarah kebudayaan islam, tidak hanya dari buku sejarah, namun juga melalui teknologi menjadi alternatif dalam pembelajaran secara tradisional. Dalam penelitian ini, memfokuskan pada pembelajaran online mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap. Adapun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana implementasi pembelajaran online mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap melalui wawancara dengan guru, administrator dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana proses dan hasil dari implementasi pembelajaran online mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah teknik lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diantaranya yaitu tujuan pembelajaran online mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Cilacap yang terdiri dari pembelajaran yang berbasis e-learning untuk membuat materi pembelajaran dapat di pelajari oleh orang lain. Manfaat pembelajaran online untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu antar guru dan peserta didik. Kelebihan dan hambatan dari pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Teknologi Informasi, pembelajaran, online, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.9 Peta Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Septi Wahyu Nur'aeni sdr
Date Deposited: 24 Sep 2021 22:04
Last Modified: 24 Sep 2021 22:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item