Widiya Eka, Setiasih (2021) ANALISIS SOAL AKHIR SEMESTER PADA TEXT BOOK MATEMATIKA KELAS X SMA BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF BLOOM. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.
|
Text
SKRIPSI WIDIYA EKA SETIASIH_1717407037.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan analisis butir soal adalah mengidentifikasi level kognitif dari soal tersebut, meskipun demikian analisis butir soal dalam ranah kognitif jarang sekali dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami tingkat proses kognitif pada soal yang terdapat dalam buku ajar matematika SMA kelas X berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah soal–soal pada Buku Ajar Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1 Kelompok Wajib 1A yang disusun oleh Sukino M. Sc. Analisis butir soal dilakukan menggunakan Taksonomi Bloom. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan keenam tingkatan kognitif Taksonomi Bloom pada Buku Ajar Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1 Kelompok Wajib 1A yang disusun oleh Sukino M. Sc. kategori Level level kognitif C1 (Mengingat) sebanyak 18% (9 butir soal), C2 (Memahami) sebanyak 22% (11 butir soal), C3 (Mengaplikasikan) sebanyak 28% (14 butir soal), C4 (Menganalisis) sebanyak 10% (5 butir soal), C5 (Mengevaluasi) sebanyak 10% (5 butir soal), dan pada tingkat C6 (Mencipta) sebanyak 12% (6 butir soal). Kata Kunci : Analisis Soal, Matematika, Kognitif, Taksonomi Bloom
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis soal, Matematika, Kognitif, Taksonomi Bloom |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 000 Generalities > 002 The book 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Widiya Eka Setiasih sdri |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 03:21 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 03:21 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11326 |
Actions (login required)
View Item |