NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ORANG - ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA

Fajar Wahyu, Arifbudiman (2021) NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ORANG - ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
FAJAR WAHYU ARIFBUDIMAN_NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pentingnya nilai pendidikan akhlak saat ini dapat mencegah berbagai kenakalan remaja yang ada dan pendidikan akhlak menjadi sektor strategis dalam pembangunan suatu bangsa, agar kehidupan manusia menjadi lebih baik. Salah satu sarana pendidikan akhlak zaman sekarang yang berupa media cetak ataupun tulisan yaitu novel, salah satunya novel orang-orang biasa karya Andrea Hirata. Novel tersebut menarik untuk diteliti karena menceritakan kemiskinan serta kritik sosial bagi sistem pendidikan di Indonesia khusunya, lebih dari itu novel tersebut muncul sebagai bentuk kekecewaan atas kegagalan memperjuangkan seorang anak cerdas yang kurang mampu, masuk fakultas kedokteran karena kekurangan biaya, novel ini mengajak kita agar setiap anak mempunyai tekad kuat demi meraih mimpi yang diinginkan dalam keterbatasan yang kita miliki. Penelitian ini berupa penelitian kepustakaan, jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode yang digunakan untuk menganalisis yaitu metode analisis isi atau content analysis, metode penelitian yang memfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan dari sebuah teks atau dokumen. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan nilai pendidikan akhlak yang ada di dalam novel orang-orang biasa karya Andrea Hirata. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pendidikan akhlak yang ada di dalam novel tersebut berupa akhlak berdasar sifatnya yaitu akhlak terpuji seperti kejujuran, bersifat sabar, toleransi, kerja sama yang dapat diteladani dan akhlak tercela seperti berbohong atau berdusta dan aniaya yang dapat diambil hikmahnya. Sifat-sifat akhlak tersebut dapat dibagi lagi berdasarkan objeknya yaitu akhlak terhadap Allah, dan akhlak terhadap mahluk meliputi akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang tuan dan sesama manusia. Perilaku tersebut terlihat melalui dialog antar tokoh, perilaku tokoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan akhlak, novel, metode analisis isi
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
400 Language > 490 Other languages > 495 Languages of East and Southeast Asia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Fajar Wahyu Arifbudiman
Date Deposited: 21 Sep 2021 03:11
Last Modified: 21 Sep 2021 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item