Nur Atika, Miyatun (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI SISWA IVB SDN I TUNIYANG. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_PENUTUP.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text
NUR ATIKA MIYATUN_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia dalam pendidikan mengakibatkan lembaga pendidikan di mana pun melakukan pembelajaran dalam jaringan. di mana pembelajaran daring ini tidak diadakannya tatap muka antara pengajar dengan siswa sehingga peran orang tua dalam pembelajaran daring sangat penting dan dibutuhkan bagi anaknya untuk memberikan bimbingan belajar, mendampingi, memberikan arahan, memberikan motivasi supaya anak tetap semangat, disiplin waktu, tanggung jawab dalam belajar daring. Anak dalam belajar daring di rumah, orang tua juga harus bisa memenuhi kebutuhan belajar anak seperti menfasilitasi hp, kuota dan alat tulis agar anak belajar dapat berjalan dengan lancar. Orang tua juga harus selalu mensuport anaknya dalam berbagai hal yang positif supaya anak bisa semangat terus dan memperoleh nilai yang memuaskan. Dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mendapatkan gambaran tentang bagaimana peran orangtua dalam pembelajaran daring siswa kelas IVB di SDN I Tumiyang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu Suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang menurut Miles and Huberman meliputi data reduksi data (data reduction), Penyajian data (data display), Penarikan kesimpulan dan Verifikasi (concluding drawing and verification). Subjek pnelitiannya adalah Kepala sekolah, Wali kelas dan Orang tua siswa IVB. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan beberapa peran orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi siswa IV B SDN I Tumiyang memiliki peran yaitu : peran orang tua sebagai guru, peran orang tua sebagai motivator, peran orang tua sebagai fasilitator dan peran orang tua sebagai director. Namun orang tua dalam menjalankan perannya tidak lepas dari kendala selama pembelajaran daring berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang tua, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Atika Miyatun |
Date Deposited: | 23 Sep 2021 19:24 |
Last Modified: | 23 Sep 2021 19:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11291 |
Actions (login required)
View Item |