MODEL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTA) DI SMK N 1 KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Khabib, Ashidiq (2021) MODEL PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR'AN (BTA) DI SMK N 1 KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khabib Ashidiq_Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTA) di SMK N 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab Allah Swt yang menjadi pegangan hidup bagi umat islam, di dalam al-Qur’an mencakup syariat Rabbani yang paling agung. Zat yang menurunkannya telah menjamin bagi orang yang berpegang teguh akan kesuksesesan meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat, serta memberikan ancaman kepada orang yang berpaling dan tidak menjadikannya sebagai pegangan dengan kecelakaan di dunia dan akhirat. Kemampuan umat islam dalam membaca, menulis, dan memahami isi al-Qur’an pada tiap-tiap individu seorang muslim berbeda-beda. Ada orang yang fasih dalam membaca dan menulis serta memahami isi kandunganNya, ada orang yang tidak fasih dalam membaca dan menulis serta tidak memahami isi kandunganNya. Oleh karena itu pendidikan al-Qur’an penting dilaksanakan dalam lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lembaga pendidikan formal maupun non formal. Dalam lingkungan pendidikan formal, penulis menemukan adanya usaha yang dilakukan SMK N 1 Kaligondang untuk mendidik siswa-siswinya agar memiliki kemampuan membaca dan menulis ayat-ayat al-Qur’an yang mumpuni. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMK N 1 Kaligondang dan Bagaimana model pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMK N 1 Kaligondang. Tujuan penelitian ini yaitu penulis ingin mengetahui gambaran yang jelas mengenai Implementasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMK N 1 Kaligondang dan mengidentifikasi model pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang diterapkan di SMK N 1 Kaligondang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMK N 1 Kaligondang dilaksanakan melalui: (1) Gerakan literasi membaca al-Qur’an yang diikuti oleh seluruh peserta didik yang beragama islam; (2) Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP); (3) Dalam ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an (BTA). Model pembelajaran baca tulis al-Qur’an yang diterapkan di SMK N 1 Kaligondang yaitu menggunakan model pembelajaran langsung (direct intruction), model pembelajaran iqra’, dan model pembelajaran imla. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Baca tulis al-Qur’an, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur'an, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: KHABIB ASHIDIQ sdr
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:51
Last Modified: 14 Sep 2021 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11285

Actions (login required)

View Item View Item