Manajemen Soft Skill Seni Tari Bagi Siswa SMA Negeri 3 Purwokerto

Wahid, Ardi Nugroho (2021) Manajemen Soft Skill Seni Tari Bagi Siswa SMA Negeri 3 Purwokerto. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi Manajemen Soft Skill Seni Tari bagi siswa SMA N 3 Purwokerto. wahid ardi nugroho. 1423303076.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen sangat dibutuhkan oleh semua organisasi, termasuk juga organisasi pendidikan, karena tanpa manajemen semua akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. soft skill merupakan perilaku intrapersonal dan interpersonal yang diperlukan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan kinerja seorang manusia. Sedangkan tari adalah salah satu cabang seni yang dalam ungkapannya menggunakan bahasa gerak tubuh. Manfaat yang dapat kita peroleh dari pemahaman secara konteksualitas tentang tari sebenarnya akan memberikan kontribusi yang signifikas terhadap pembetukan karakter siswa yang mempelajari. Masalah penelitian ini adalah “bagaimana manajemen soft skill seni tari bagi siswa SMA Negeri 3 Purwokerto?”. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana manajemen soft skill seni tari di SMA Negeri 3 Purwokerto dan menggali informasi mengenai seni tari di SMA Negeri 3 Purwokerto serta mengetahui bagaimana proses pelaksanaan manajemen seni tarinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan penelitian lapangan bersifat deskriptif guna melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan melalui observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari pembina ekstrakurikuler seni tari, guru seni tari, dan siwa yang mengikuti ektrakurikuler seni tari dan mata pelajaran seni tari melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian penulis, dapat disimpulkan bahwa perencanaan seni tari mengadakan membahas dengan guru mata pelajaran seni tari diantaranya menyusun RPP, menyiapkan media pembelajaran, dan merancang strategi pembelajaran yang menarik agar siswa yang mengikuti mata pelajaran seni tari tertarik untuk mengikuti ekstrakurikuler seni tari. Dalam pengorganisasian seni tari di SMA Negeri 3 Purwokerto belum ada organisasi khusus, melainkan hanya guru seni tari, pembina ekstrakurikuler seni tari, dan kordinator ekstrakurikuler. Pelaksanaan seni tari di SMA Negeri 3 Purwokerto dimulai dari wiraga, wirama, dan wirasa, karena siswa diharap mampu mendalami tarian dengan lebih detail sehingga mampu merasakan makna tari tersebut. Dan untuk pengawasan dilakukan demgan pemantauan atau pengamatan oleh pembina seni tari pada saat atau setelah program-program kegiatan yang sudah dilaksanakan akan tetapi pengawasan tersebut tidak secara formal. Dapat disimpulkan bahwa pengelolaan seni tari di SMA Negeri 3 Purwokerto bukan hanya melibatkan guru tetapi juga siswa serta dilaksanakan secara sistematis meskipun sering mengalami kendala, tetapi selalu mencari alternatif dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Kata Kunci: Manajemen pendidikan, ekstrakurikuler, soft skill, seni tari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pendidikan, ekstrakurikuler, soft skill, seni tari
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Wahid Ardi Nugroho
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:03
Last Modified: 09 Sep 2021 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11275

Actions (login required)

View Item View Item