PEMBELAJARAN MENULIS HURUF ARAB DALAM PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) KELAS 1 DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KORI ARYANI, NIM. 102338174 (2016) PEMBELAJARAN MENULIS HURUF ARAB DALAM PROGRAM BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) KELAS 1 DI MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
kori Aryani_Pembelajaran Menulis Huruf Arab Dalam Program Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) Kelas 1Di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014_2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Baca Tulis Al-Qur’an dalam arti kata majemuknya “membaca” yang penulis pahami berarti tulisan dan mengerti atau dapat melisankan yang tertulis. Kata “tulis” berarti batu atau papan batu tempat menulis (dahulu banyak dipakai oleh murid-murid sekolah), kemudian kata “tulis” ditambah akhiran “an” maka menjadi kata “tulisan” (akan lebih mengarah kepada usaha memberikan pengertian dari baca tulis Al-Qur’an) maka tulisan berarti hasil menulis.dari kata “baca” dan “tulis” digabungkan akan membentuk sebuah kata turunan, yaitu “Baca Tulis” yang berarti suatu kegiatan yang dilaksanakan secara berurutan, yaitu menulis dan membaca. Rumusan masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini, yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaranmenulishuruf Arab dalamprogram BTA (Baca-tulis Al-Qur’an)Kelas 1yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji KecamatanCilongokKabupatenBanyumaspada tahunpelajaran 2014/2015 ? Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaranmenulishuruf Arab dalam program BTA (Baca-tulis Al-Qur’an)Kelas 1yang dilaksanakan di MI Ma’arif NU 1 PagerajiKecamatanCilongokKabupatenBanyumaspada tahun pelajaran 2014/2015 sehingga peserta didik di madrasah tersebut memiliki kemampuan menulis Al Qur’an dengan baik. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan metode pengumpulan datanyamenggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Berdasarkan data yang telah penulis sajikan di atas, maka dapat disimpulkan : 1). Pembelajaranmenulishuruf Arab dalam program BTA yang dillaksanakan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji dilakukan dalam beberapa tahap diantaranya persiapan sebelum menulis huruf hijaiyah, menulis huruf, menebalkan huruf, meneruskan bentuk huruf atau kata yang belum sempurna, imla’, meneruskan lafal atau ayat yang belum sempurna, dan menulis bersturuktur. 2). Dampak dari adanya pembelajaran menulishuruf Arabdalam program BTA, yaitu meningkatkan kualitas pemahaman serta kompetensi peserta didik pada aspek menulis, penyeimbang dari standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits maupun bahasa Arab yang lebih cenderung fokus pada pelafalan, menghafalkan serta mengetahui isi kandungan dari sebuah ayat atau hadits pilihan, meningkatkan motivasi dalam belajar, serta memberikan kecakapan hidup (life skill) pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, BTA
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 14 Sep 2016 02:40
Last Modified: 14 Sep 2016 02:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1127

Actions (login required)

View Item View Item