RESILIENSI BAGI PENERIMA MANFAAT DALAM MENGHADAPI TERMINASI DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL EKS PSIKOTIK MARTANI CILACAP

Dwi, NUR NGAENI (2021) RESILIENSI BAGI PENERIMA MANFAAT DALAM MENGHADAPI TERMINASI DI RUMAH PELAYANAN SOSIAL EKS PSIKOTIK MARTANI CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DWI NUR NGAENI_RESILIENSI BAGI PENERIMA MANFAAT.pdf

Download (723kB) | Preview

Abstract

Eks Psikotik merupakan mantan penderita gangguan jiwa yang sudah dinyatakan baik oleh Rumah Sakit Jiwa, tetapi fungsi sosialnya belum sepenuhnya pulih, dalam perjalanan kehidupannya bisa jadi eks psikotik akan mengalami kekambuhan. Rumah Pelayanan Sosial Eks Psikotik “Martani” di khususkan untuk orang terkena gangguan jiwa yang sudah dinyatakan sembuh 70% oleh rumah sakit jiwa selama maksimal satu tahun. Setelah itu dikembalikan kepada, keluarga terdekat atau masyarakat. Dalam penelitian ini ada lima penerima manfaat yang akan menghadapi terminasi. Penerima manfaat yang akan menghadapi terminasi dihantui dengan rasa senang karena akan kembali kerumah, dan rasa cemas, takut akan ditolak oleh keluarga dan lingkungan. Kemampuan untuk bangkit setelah mengalami situasi yang berat bukanlah sebuah kebetulan, namun karena individu tersebut mempunyai kemampuan tertentu dalam menghadapi setiap musibah. Metode dalam melakukan penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdapat lima subjek. Dengan sumber data berupa sumber primer dan sekunder. Sedangkan teknik atau bentuk dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses dalam menganalisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu upaya resiliensi yang dilakukan oleh subjek R, M, dan MR meliputi aspek regulasi emosi, kemampuan mengendalikan impuls, optimisme, empati, analisis kausal, empati, self efficacy, dan mencapai yang diinginkan. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh subjek S yaitu aspek kemampuan mengendalikan impuls, analisis kausal, empati, dan self efficacy. Upaya resiliensi yang dilakukan oleh subjek C hanya aspek kemampuan mengendalikan impuls. Kata Kunci : Eks Psikotik, Terminasi, Resiliensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Bagi Penerima Manfaat Yang Akan Menghadapi Terminasi Di Rumah Pelayanan Sosial Eks Psikotik Martani Cilacap
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Dwi Nur Ngaeni
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:38
Last Modified: 08 Sep 2021 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item