MAKNA LOGO PONDOK PESANTREN FATKHUL MU'IN PURWOKERTO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE)

Haidar, Hilmy Al Fariz (2021) MAKNA LOGO PONDOK PESANTREN FATKHUL MU'IN PURWOKERTO (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Haidar Hilmy Al Fariz_Makna Logo Pondok Pesantren Fatkhul Muin Purwokerto (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce).pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Logo merupakan sebuah ciri identitas yang mempunyai keterkaitan dengan suatu tujuan, harapan, atau sebuah pencapaian bagi pemiliknya. Pada seni desain grafis, dalam pembuatan logo harus mengutamakan sebuah konsep baik dalam penerapan simbol, warna, garis, dan tulisan dan makna setiap elemen yang diterapkan didalam logo. Oleh karena itu, pada penelitian ini penulis akan meneliti salah satu logo dari Lembaga Pondok Pesantren Fatkhul Muin dan merumuskan masalah apa makna yang terkandung pada setiap simbol yang terdapat pada logo. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif. Sedangkan pendekatanya menggunakan analisis semiotika visual Charles Sanders Peirce yang berisikan tentang segitiga makna atau triangle of meaning yang terdiri dari Representament, Object, dan Interpretant. Hasil penelitian berdasarkan analisis serniotika pada logo Pondok Pesantren Fatkhul Muin Purwokerto baik tanda, simbol, warna, dan tipografi yang diterapkan pada logo memiliki makna sebagai kesatuan sebuah tujuan, harapan didirikanya Pondok Pesantren Fatkhul Muin Purwokerto sebagai tempat asrama yang digunakan untuk menempa ilmu-ilmu agama guna menciptakan generasi-generasi santri yang islami dan menanarnkan wawasan keislaman Ahlusunnah Waljama'ah yang inklusif melalui kajian kitab-kitab yang diajarkan serta memiliki kesesuaian dengan ciri khas lainya salah satunya visi misi sebagai konsep utama terciptanya logo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Grafis, Logo, Pondok Pesantren FatkhuI Muin, Semiotika Charles Sanders Peirce.
Subjects: 700 The arts > 701 Philosophy and theory
700 The arts > 740 Drawing and decorative arts
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: HAIDAR HILMY AL FARIZ sdr
Date Deposited: 06 Sep 2021 10:20
Last Modified: 06 Sep 2021 10:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11235

Actions (login required)

View Item View Item