PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI MI MA'ARIF NU MARGASANA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

PRISTIA IKBAR, NUROKHMAN (2021) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI MI MA'ARIF NU MARGASANA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
PRISTIA IKBAR NUROKHMAN_PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI MI MA'ARIF NU MARGASANA KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Mengingat pentingnya kecerdasan emosional dalam mempengaruhi kehidupan individu dan sosial, guru perlu mampu mengembangkan kecerdasan emosional peserta didiknya. Akan tetapi, kenyataan yang ada di kelas IV MI Ma‟arif NU Margasana Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas masih terdapat siswa yang sikap, perilaku dan kepribadiannya tidak menunjukkan ciri-ciri anak dengan kecerdasan emosional yang tinggi. Dalam kaitannya dengan kecerdasan emosional, guru perlu memahami perannya tentang bagaimana untuk bisa mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas IV. Dari latar belakang permasalahan tersebut, dalam penelitian ini, penulis menentukan rumusan masalah tentang “Bagaimana Peran Guru untuk Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IV di MI Ma‟arif NU Margasana Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas IV di MI Ma‟arif NU Margasana Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai pengetahuan bagi orang-orang yang ingin mengetahui tentang peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di tingkat Pendidikan Dasar / Madrasah Ibtidayah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas IV di MI Ma‟arif NU Margasana Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas yaitu dengan melakukan pembiasaan mencium tangan guru, pembiasaan melantunkan Asmaul Husna, pembiasaan membaca suratan pendek di Al-Qur‟an, pembiasaan shalat dhuhur berjama‟ah, pembiasaan shalat dhuha berjama‟ah, pembiasaan amaliyah jum‟at, dan pembiasaan jum‟at bersih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kecerdasan Emosional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PRISTIA IKBAR NUROKHMAN sdri
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:58
Last Modified: 17 Sep 2021 02:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item