IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA SENTRA BAHAN ALAM DAN SAINS DI TK KUNCUP MEKAR BANYUMAS

Ema, Agnezty (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA SENTRA BAHAN ALAM DAN SAINS DI TK KUNCUP MEKAR BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover-Bab1-V-Daftar Pustaka.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EMA AGNEZTY_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA SENTRA BAHAN ALAM DAN SAINS DI TK KUNCUP MEKAR BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada sentra bahan alam dan sains di TK Kuncup Mekar Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Sedangkan pendekatan yang ang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Sebjek penelitian adalah kepala sekolah, guru sentra, dan anak-anak. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) pada sentra bahan alam dan sains. Teknik pengumpulan data yang dilakukan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Consultion Drawing). Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Trigulasi berupa trigulasi sumber, trigulasi teknik, dan trigulasi waktu. Dalam pelaksanaannya melalui proses identifikasi, perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Proses ini dilakukan guru untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anak. Hasil penelitian meliputi: 1) Persiapan pembelajaran dengan model BCCT yang meliputi: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang dilakukan satu minggu sebelum pembelajaran dimulai dan Pijakan lingkungan main yangg tediri dari penyambutan kedatangan anak dan penataan lingkungan sentra. 2) Pelaksanaan pembelajaran BCCT yang meliputi: (a) Pijakan sebelum main berupa menanyakan kabar, menjelaskan tema, dan aturan dalam bermain (b) Pijakaan saat main berupa memeriksa kegiatan anak, memberikan bantuan, mendokumentasi setiap proses main anak (c) Pijakan setelah main berupa merecalling kegiatan anak dan membereskan alat bahan main, dan (d) Kegiatan main sentra yang dilakukan menggunakan tiga jenis main yaitu main sensorimotor atau fungsional, main peran dan main pembangunan/ konstruktif. 3) Evaluasi pembelajaan model BCCT dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi yang kemudian dilaporkan kepada orang tua anak Kata kunci: Model Beyond Center and Circle Time, Sentra, Kurikulum PAUD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Beyond Center and Circle Time, Sentra, Kurikulum PAUD
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ema Agnezty sdri
Date Deposited: 04 Sep 2021 07:08
Last Modified: 04 Sep 2021 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item