MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DI MTs AL-ISHLAH LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014

IMAM NASA’I, NIM. 092333047 (2014) MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DI MTs AL-ISHLAH LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IMAM NASA’I_MANAJEMEN PENGELOLAAN KELAS DI MTs AL-ISHLAH LAREN KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Manajemen Pengelolaan Kelas di MTs AL-Ishlah Laren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data-data berasal dari sumber primer dan sekunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan berfikir induktif. Pengelolaan kelas tidak hanya berupa pengaturan kelas, fasilitas fisik dan rutinitas. Kegiatan pengelolaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan mempertahankan suasana dan kondisi kelas. Sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien Oleh karena itu guru harus memiliki kepekaan untuk melihat kondisi kelas sehingga pemberian umpan balik hasil tes sesuai dengan karakteristik siswa sehingga dapat berdampak positif bagi motivasi belajar. Karena Pembelajaran yang efektif dapat bermula dari iklim kelas yang dapat menciptakan suasana belajar yang menggairahkan, untuk itu perlu diperhatikan pengaturan/ penataan ruang kelas dan isinya, selama proses pembelajaran. Lingkunagan kelas perlu ditata dengan baik sehingga memungkinkan terjadinya interaksi yang aktif antara siswa dengan guru, dan antar siswa. Pengalaman guru dalam mengelola kelas akan membantu guru dalam proses pembelajaran, semakin guru berpengalaman maka mutu proses belajar mengajar akan semakin baik dan efektif. Sebaliknya apabila guru kurang berpengalaman dalam mengelola dan mengendalikan kelas maka mutu proses belajar mengajar tidak akan efektif dan tujuan pembelajaran tidak tercapai. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa kegiatan manajemen pengelolaan kelas di MTs AL-Ishlah Laren kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes yaitu: (1). Penerapan manajemen pengelolaan kelas. (2). Pengaturan fasilitas kelas (3). Pengaturan anak didik, dan (4). Pengelompokan siswa. Karena pada dasarnya proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, di antaranya guru merupakan salah satu faktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas. Oleh karena itu guru dituntut untuk meningkatkan peran dan kompetensinya. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar peserta didik berada pada tingkat yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan Kelas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:17
Last Modified: 13 Sep 2016 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item View Item