Jamalul, Basor (2021) DETERMINISME TEKNOLOGI PENGGUNAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH ORGANISASI IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) AHMAD DAHLAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab l_Bab V_ Daftar Pustaka.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
Jamalul Basor_Deterkinisme Teknologi Pengguanaan Instagram Sebagai Media Dakwah Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan Purwokerto.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dakwah merupakan kegiatan untuk mengajak, menyeru, dan memanggil kepada kebaikan yang bersumber dari Alquran dan Hadis dengan tujuan memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam dakwah pada zaman modern ini adalah dakwah dengan menggunakan media sosial. Media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun atas dasar ideologi dan teknologi web 2.0 yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content. Media sosial yang digunakan IMM Ahmad Dahlan Purwokerto dalam strategi dakwah adalah berdakwah melalui Instagram @immiainpurwokerto. Dengan menggunakan media sosial Instagram, dakwah dapat tersampaikan secara efektif. Adapun sasaran dakwah IMM Ahmad Dahlan Purwokerto adalah masyarakat khususnya generasi muda. Namun berdasarkan teori yang digagas oleh Marshall McLuhan bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri. Maka dari itu peneliti tertarik melakukan penelitian tentang bagaimana determinisme teknologi dalam penggunaan Instagram sebagai media dakwah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertuajuan untuk mendeskripsikan bagaiaman determinisme teknologi dalam penggunaan Instagram IMM Ahmad Dahlan Purwokerto. Sumber data yang digunakn dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekuder. Sumber data primer diperoleh dari ketua, pengurus harian, serta devisi media dan komunikasi organisasi IMM Ahmad Dahlan Purwokerto. Sedangkan data sekuder diperoleh dari penelitian terdahulu yang masih ada hubungannya dengan objek penelitian seperti skripsi, jurnal, e-book, maupun karya ilmiah yang sudah ada. Berdasarkan hasil penelitian determinisme teknologi dalam penggunaan Instagram sebagai media dakwah IMM Ahmad Dahlan Purwokerto maka diperoleh hasil bahawa penggunaan Instaram sebagai media dakwah IMM Ahmad Dahlan Purwokerto memberikan pengaruh seperti teori yang dijelaskan Marshall McLuhan. Yaitu ,media mempengaruhi setiap perbuatan atau tindakan dalam masyarakat, media memperbaiki persepsi dan mengelola pengalaman manusia, dan media mengikuti dunia bersama-sama. Adapun penelitian ini saat dihubungkan keterkaitannya dengan gagasan Marshall McLuhan mengenai hukum media, terkait dengan satu hal yaitu penguatan (enhancement). Penguatan (enhancement) artinya media dapat memperkuat masyarakat dengan memperkuat indera pada masyarakat dan memberikan akses luas terhadap informasi. Kata Kunci: Dakwh, Media Sosial Instagram, Determinisme teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah, Media Sosial Instagram, Determinisme Teknologi |
Subjects: | 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 307 Communities |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | JAMALUL BASOR sdr |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 07:06 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 07:06 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11118 |
Actions (login required)
View Item |