ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SUBBAB HUBUNGAN ANTAR SUDUT DITINJAU DARI SEGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS VII E SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS

Mega, Findi Astuti (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SUBBAB HUBUNGAN ANTAR SUDUT DITINJAU DARI SEGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS VII E SMP NEGERI 1 JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MEGA FINDI ASTUTI_Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Subbab Hubungan Antar Sudut Ditinjau dari Segi Kemampuan Berpikir Kritis Kelas VII E SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis adalah proses intelektual yang menuntut untuk menganalisis, mengaji, membedakan secara mendalam, mengidentifikasi dan mengembangkan suatu informasi. Berpikir kritis merupakan salah satu konsep berpikir matematika yang harus dikuasai oleh siswa untuk mengatasi kesulitan belajar matematika dan mencapai tujuan pembelajaran matematika. Subbab pelajaran matematika kelas VII yang dirasa sulit siswa salah satunya adalah subbab hubungan antar sudut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa pada subbab hubungan antar sudut yang ditinjau dari segi kemampuan berpikir kritis kelas VII E SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu kelas VII E SMP Negeri 1 Jatilawang Kabupaten Banyumas tahun 2020/2021 yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes analisis kesulitan belajar dan wawancara dengan siswa, hasil data yang diperoleh akan dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan kesulitan yang dialami siswa dalam belajar subbab hubungan antar sudut yang ditinjau dari segi kemampuan berpikir kritis adalah: 1) kesulitan dalam merumuskan pokok permasalahan, 2) kesulitan dalam mengungkap fakta-fakta yang ada, 3) memilih argumen yang logis, 4) kesulitan dalam mendeteksi bias dengan sudut pandang yang berbeda, 5) kesulitan dalam menemukan akibat dari suatu pernyataan yang diambil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar, Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: MEGA FINDI ASTUTI sdri
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:13
Last Modified: 24 Aug 2021 20:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11081

Actions (login required)

View Item View Item