Veny, Diana Haniatul Faoziyah (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI TEORI NEWMAN'S PROMPTS KELAS VIII MTS MA'ARIF NU 01 GANDRUNGMANGU. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
VENY DIANA HANIATUL FAOZIYAH_Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Teori Newman's Prompts Kelas VIII MTs Ma'arif NU 01 Gandrungmangu.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Masalah matematika adalah persoalan yang tidak sering dimunculkan dalam soal-soal matematika, sehingga siswa mengalami rintangan serta tidak dapat secara langsung menemukan solusi atau pemecahan dari masalah tersebut. Siswa dengan kemampuan yang berbeda akan mengalami rintangan yang berbeda pula. Ketidakmampuan siswa dalam menemukan solusi atau pemecahan dari masalah inilah yang disebut dengan kesulitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari teori Newman’s Prompts kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Gandrungmangu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitianya yaitu siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 01 Gandrungmangu tahun 2020/2021 yang berjumlah 33 siswa dengan jumlah responden sebanyak 6 siswa. Responden tersebut terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan tinggi, 2 siswa dengan kemampuan sedang dan 2 siswa dengan kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kesulitan siswa dan wawancara, di mana setiap data dan informasi yang diperoleh dianalisis dalam bentuk deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah: 1) kesulitan dalam membaca masalah (reading), 2) kesulitan dalam memahami masalah (comprehension), 3) kesulitan dalam transformasi masalah (transformation), 4) kesulitan dalam keterampilan proses (process skill), dan 5) kesulitan dalam penulisan jawaban akhir (endcoding). Siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan pada semua tahapan. Siswa dengan kemampuan sedang mengalami kesulitan pada tahapan transformasi masalah (transformation), keterampilan proses (process skill) dan penulisan jawaban akhir (endcoding). Siswa dengan kemampuan tinggi mengalami kesulitan pada tahapan membaca masalah (reading), transformasi masalah (transformation), keterampilan proses (process skill) dan penulisan jawaban akhir (endcoding). Kesulitan yang dialami oleh siswa didasarkan pada teori yang dikemukakan oleh Newman’s Prompts.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar, Masalah Matematika, Teori Newman’s Prompts. |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | VENY HANIATUL FAOZIYAH sdri |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 20:11 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 20:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11080 |
Actions (login required)
View Item |