KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HJ. NURLELA MUBAROK

Mukh Adib, Shofawi (2021) KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENURUT HJ. NURLELA MUBAROK. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Mukh Adib Shofawi_Kepemimpinan Perempuan Dalam Perspektif Pendidikan Islam Menurut Hj Nurlela Mubarok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini merupakan kegelisahan mengenai kepemimpinan yang masih erat dengan budaya patriarkhi di mana laki-laki dianggap lebih layak untuk dijadikan sebagai seorang pemimpin daripada perempuan. Hal ini bertolak belakang dengan spirit kesetaraan gender dan keadaan di lapangan yang telah menunjukkan hal yang berbeda, bahwa ternyata perempuan juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin, bahkan lembaga yang dipimpin dapat menunjukkan hasil yang lebih baik ketika dipimpin oleh perempuan, sebagaimana ditunjukkan oleh Hj. Nurlela Mubarok. Kepemimpinan perempuan dalam perspektif pendidikan Islam sendiri dapat digambarkan dengan pemahaman bahwa yang dimaksud dengan hal tersebut adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan karakteristik yang menjadi ciri khas perempuan, guna mensukseskan jalan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh lembaga pendidikan Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Study Tokoh, dengan objek utama Hj. Nurlela Mubarok, dengan metode deskriptif kualitatif, di mana fokus kajiannya ditekankan kepada deskripsi mengenai apa yang ada di dalam pribadi tokoh, baik dari segi pemikiran, maupun kontribusinya pada masyarakat, khususnya di dalam kajian mengenai kepemimpinan perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber data, demi mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil dari penelitian ini adalah perspektif yang dibangun dari Hj. Nurlela Mubarok mengenai kepemimpinan perempuan dalam perspektif pendidikan Islam yang dibagi dalam empat pembahasan. Pertama, pembahasan mengenai paradigma kepemimpinan perempuan yang disimpulkan sebagai kemampuan untuk memengaruhi orang lain menggunakan citra khas yang ada pada perempuan demi merealisasikan tujuan bersama organisasi. Ke dua, pembahasan mengenai karakteristik pemimpin perempuan yang ditekankan sebagai citra pribadi perempuan ketika menjadi pemimpin, sehingga hal tersebut memengaruhi kepemimpinan mereka di dalam organisasi. Ke tiga, pembahasan mengenai kelebihan pemimpin perempuan yang masih erat kaitannya dengan karakteristik mereka, sehingga dalam menjalankan peran kepemimpinan, kelebihan tersebut dapat dioptimalkan untuk mendukung kesuksesan organisasi dalam mencapai tujuannya. Ke empat, pembahasan mengenai kekurangan pemimpin perempuan, di mana kekurangan perempuan ketika menjadi seorang pemimpin berdampak pada pribadi maupun organisasi yang dipimpin, dampak tersebut antara lain perkembangan lembaga yang terhambat, maupun pribadi pemimpin yang kurang maksimal dalam menjalankan peran kepemimpinannya. Empat poin pembahasan tersebut menggambarkan bahwa kepemimpinan perempuan dalam suatu lembaga pendidikan menunjukkan sisi yang menarik, bahwa perempuan secara nyata mampu bersaing untuk menjadi seorang pemimpin, selama mereka memiliki kemampuan dan mau mengoptimalkan kemampuan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Perempuan, Pendidikan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 376 Education of women
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mukh Adib Shofawi sdr
Date Deposited: 23 Aug 2021 10:28
Last Modified: 23 Aug 2021 10:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11026

Actions (login required)

View Item View Item