MANAJEMEN HUMAS DI TK PERTIWI LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

CHOERUL, AFIDAH (2021) MANAJEMEN HUMAS DI TK PERTIWI LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
CHOERUL AFIDAH_MANAJEMEN HUMAS DI TK PERTIWI LIMBASARI KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen humas merupakan hubungan antara sekolah dengan masyarakat dalam menjalin hubungan yang harmonis untuk meningkatkan kerja sama dan kepercayaan masyarakat agar tercapainya tujuan pendidikan anak usia dini. Untuk itu, humas mempunyai peran yang sangat penting di lembaga pendidikan dalam merencanakan dan menyusun program-program kegiatan di sekolah. Kegiatan humas dapat terlaksana atas dukungan dan partisipasi wali murid dan masyarakat untuk meningkatkan pengelolaan sekolah sehingga dapat mengembangkan pertumbuhan peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen humas di TK Pertiwi Limbasari Kecamatan Bobotsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskripsif. Penelitian ini berlokasi di TK Pertiwi Limbasari dengan obyek penelitian tentang manajemen humas. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses manajemen humas di TK Pertiwi Limbasari sudah berjalan dengan baik, yakni 1) Perencanaan program humas dilakukan oleh kepala sekolah yang merencanakan dan menyusun program humas sesuai visi, misi, dan tujuan sekolah dibantu oleh pihak yayasan, komite sekolah, guru, dan wali murid, 2) Pengorganisasian tugas humas dilakukan oleh pihak yayasan, komite sekolah, kepala sekolah, guru, siswa, dan masyarakat, 3) Prosedur pelaksanaan program humas dilakukan dengan menentukan tujuan dan sasaran, mengembangkan strategi, penyusunan program, implementasi, dan evaluasi pelaksanaan program, 4) Pelaksanaan humas pendidikan dilakukan dengan melibatkan organisasi humas sekolah sesuai program humas yang telah direncanakan, 5) Monitoring dan evaluasi pelaksanaan humas dilakukan setiap tiga bulan sekali oleh komite sekolah, kepala sekolah, dan guru untuk mengukur dan menilai hasil dari pelaksanaan program humas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen humas, TK Pertiwi Limbasari
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Choerul Afidah
Date Deposited: 23 Aug 2021 10:23
Last Modified: 23 Aug 2021 10:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item