IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS INTENSIF DI MI DARWATA GLEMPANG KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP

NABILLA AYU, MUSYAROFAH (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS INTENSIF DI MI DARWATA GLEMPANG KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
skripsi nabilla ayu musyarofah fiks..pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

Abstrak: penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran orang tua bahwa pendidik utama adalah berawal dari keluarga. Belakangan ini kita sering melihat orangtua yang karena terlalu sibuk bekerja sehingga melupakan pendidikan anak dan menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada sekolah. Jadi sekolah membuat program kelas tambahan yang dilaksanakan sesudah kelas reguler yaitu program kelas intensif. Tujuan penelitian hendak mengetahui implementasi program kelas intensif di MI Darwata Glempang, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan observasi atau pengamatan di lapangan, penulis berperan sebagai pengamat. Selain sebagai pengamat penulis juga melakukan pengumpulan data menggunakan metode wawancara langsung dengan informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang di butuhkan peneliti, diantara informan yang peneliti wawancara adalah penanggungjawab program kelas intensif, kepala sekolah dan peserta didik yang mengikuti program kelas intensif. sedangkan untuk teknik analisis data, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan tidak tertulis dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti skripsi ini menunjukkan bahwa implementasi program kelas intensif di MI Darwata Glempang yakni adanya program ini memudahkan untuk pendidik maupun peserta didik yang mengikuti program kelas intensif dalam melaksanakan program kelas intensif yang diterapkan dalam sebuah pendidikan formal atau sekolah dasar. Dan adanya program ini peserta didik melakukan program kelas intensif dengan beberapa materi tematik kurikulum 2013. Dengan demikian peneliti merekomendasikan bahwa program kelas intensif ini layak dalam landasan teori Howard Gardner, untuk terus di lanjutkan atau dikembangkan seiring dengan dilakukan pengembangan-pengembangan guna untuk mencapai hasil yang lebih maksimal. Kesimpulan tersebut peneliti tertarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukan bahwa proses belajar mengajar di kelas intensif MI Dawata Glempang ini efektif dan sangat bermanfaat untuk madrasah dan peserta didik yang bersangkuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi program kelas intensif
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NABILLA Y AYU MUSYAROFAH sdri
Date Deposited: 24 Aug 2021 20:03
Last Modified: 20 Oct 2021 00:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11004

Actions (login required)

View Item View Item