PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ AL-FAJAR BANDINGAN KEJOBONG PURBALINGGA

Sitha Ramadhani, Khofiyah (2021) PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI TPQ AL-FAJAR BANDINGAN KEJOBONG PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Sitha Ramadhani Khofiyah_Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an di TPQ Al-Fajar Bandingan Kejobong Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam. Kedudukan Al-Qur’an menjadi sumber utama dan pertama hidup umat Islam. Sebagai pedoman hidup, tentunya setiap muslim harus memiliki kemampuan membacanya. Kemamapuan membaca dan menulis Al-Qur’an menjadi sebuah kemampuan yang tidak bisa dimiliki secara instan oleh seseorang. Maka dari itu kehadiran TPQ disekitar masyarakat menjadi salah satu solusi bagi setiap orang dari usia sejak dini untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur’an. TPQ menjadi sebuah lembaga pendidikan non formal yang akan menjadi wadah belajar dan juga dipercayai oleh orangtua. Akan tetapi masih banyak TPQ yang memiliki kekurangan baik itu secara pemenuhan fasilitas ataupun dari segi pengajar dan proses pembelajaran yang masih asal-asalan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dengan subjek penelitiannya adalah guru TPQ Al-Fajar Bandingan, terkait pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Fajar Bandingan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tiga cara yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selain itu juga berpedoman dari buku-buku tentang desain pembelajaran, artikel serta jurnal terkait. Hasil dari penelitian terkait pembelajaran di TPQ Al-Fajar Bandingan. Pembelajaran yang diterapkan di TPQ Al-Fajar Bandingan terdiri dari kegiatan merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Kegiatan perencanaan terdiri dari tujuan pembelajaran, perecanaan materi dan pengembangan materi, merumuskna kegiatan belajar mengajar, dan merencanakan penilaian. Kegiatan pelaksanaan terdiri dari membuka pelajaran, menyampaikan materi, dan menutup pelajaran. Sedangkan kegiatan mengevaluasi terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif. Kata Kunci : Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Baca Tulis Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitha Ramadhani Khofiyah sdr
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:07
Last Modified: 23 Aug 2021 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11003

Actions (login required)

View Item View Item