Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Ibu Maafkan Aku karya Amin Ishaq dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam

SISWANTO, Siswanto (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Ibu Maafkan Aku karya Amin Ishaq dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-SISWANTO-NIM 1617402083.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor meliputi; tujuan, pendidik, peserta didik, proses, media, dan lingkungan pendidikan. Media merupakan salah satu kunci dalam mewujudkan keberhasilan dalam pendidikan. Dalam praktek pembelajaran media buku paket dan lembar kerja siswa, maupun modul saja tidak cukup dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik, namun ada media tambahan seperti pemutaran vidio maupun film. Pemilihan film harus benar-benar yang memiliki makna dan memberikan motivasi maupun pelajaran kepada penontonnya. Film ―Ibu Maafkan Aku‖ yang berhasil menjadi trending 1 dibiskop pada jamannya dan dianggap merupakan salah satu genre film yang syarat akan nilai-nilai pendidikan akhlak. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian literatur (Library Research), penelitian literatur ini menggunakan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian ini adalah sebuah karya sastra Film yang berjudul ―Ibu Maafkan Aku‖karya Amin Ishaq. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi berperan serta (partisipation observation), wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis isi atau content analysis Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film Ibu Maafkan Aku karya Amin Ishaq yakni; nilai pendidikan akhlak terhadap Allah, nilai pendidikan akhlak terhadap sesama, dan nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan. Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film ―Ibu Maafkan Aku‖ yakni merekonstruksi pendidikan islam yang terdapat dalam akhlak terhadap Allah, terhadap sesama, dan lingkungan. Secara tidak langsung film ini mengajarkan tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi yang harus memiliki akhlak yang baik terhadap Allah, senantiasa menjaga akhlak terhadap sesama, berakhlak kepada lingkungan untuk menjaga alam dan seisinya supaya tetap lestari dan tidak tereksploitasi. Kata kunci: Film, Nilai Pendidikan Akhlak, Pendidikan Islam, Relevansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Siswanto S
Date Deposited: 16 Aug 2021 23:20
Last Modified: 16 Aug 2021 23:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10889

Actions (login required)

View Item View Item