Oktika Ayu, Helwinda (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING DI MI MUHAMMADIYAH GRECOL KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
OKTIKA AYU HELWINDA_PERAN GURU DALAM MENGATASI BULLYING DI MI MUHAMMADIYAH GRECOL KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Bullying adalah perilaku tindak kekerasan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kekuatan atau kekuasaan untuk melakukan kekerasan terhadap pihak lain yang lebih lemah. Bullying juga merupakan aktifitas sadar, disengaja, yang dimaksudkan untuk melukai dan menanamkan ketakutan. Bullying dapat terjadi kapan saja dan dimana saja khususnya di lingkungan sekolah. Bullying dapat memberi dampak negatif apabila tidak segera ditangani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya bullying di MI Muhammadiyah Grecol, 2) mendeskripsikan dan menganalisis apa saja bentuk bullying yang terjadi di MI Muhammadiyah Grecol, 3) mendeskripsikan dan menganalisis peran guru dalam mengatasi bullying di MI Muhammadiyah Grecol, 4) mendeskripsikan dan menganalisis dampak dari peran guru dalam mengatasi bullying di MI Muhammadiyah Grecol. Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diambil dari guru-guru MI Muhammadiyah Grecol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) faktor penyebab bullying di MI Muhammadiyah Grecol yaitu karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya keinginan menunjukkan jati diri mereka. Sedangkan faktor eksternal disebabkan oleh latar belakang keluarga siswa, lingkungan sosial siswa juga memberi pengaruh besar terhadap siswa dalam melakukan bullying ketika berada di lingkungan sekolah, terpengaruh teman sebaya dan tayangan televisi 2) bentuk bullying di MI Muhammadiyah Grecol yaitu bullying fisik berupa mengambil barang milik orang lain, meminta uang dan memukul. Bullying verbal berupa mengejek, menyoraki dan mempermalukan didepan teman-temannya. Bullying psikologis berupa mengucilkan, 3) peran guru kelas dalam mengatasi bullying di MI Muhammadiyah Grecol yaitu guru berperan sebagai penasihat dengan pendekatan persuasif dan guru berperan sebagai pembimbing secara klasikal dan individu, 4) dampak peran guru dalam mengatasi bullying yaitu pembelajaran di dalam kelas dapat berjalan secara kondusif, siswa tidak saling mengejek dengan temannya, siswa tidak nakal terhadap temannya, tidak ada yang memukul temannya, tidak ada yang merasa jagoan di kelas, siswa tidak mengulangi perbuatannya lagi dan tidak ada yang mengucilkan temannya. Kata Kunci : Peran Guru, Bullying
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Bullying |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Oktika Ayu Helwinda sdr |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 23:05 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 23:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |