Ratmaynawati, Isnaeni (2021) NILAI-NILAI ADAB PELAJAR DALAM TEMBANG JAWA MACAPAT PADA KURIKULUM 2013 MUATAN LOKAL DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MEDIA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10MB) | Preview |
|
|
Text
RATMAYNAWATI ISNAENI_NILAI-NILAI ADAB PELAJAR DALAM TEMBANG JAWA MACAPAT PADA KURIKULUM 2013 MUATAN LOKAL DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI MEDIA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang berkewajiban untuk mendukung serta menyukseskan segala program yang menjadikan bangsa ini maju dan berkarakter. Tentunya untuk mewujudkan cita-cita bangsa, pelajar harus bisa mengembangkan diri menjadi pribadi yang berkarakter. Pelajar yang berkarakter pasti akan menerapkan adab-adab pelajar sebagaimana mestinya. Nilai-nilai adab pelajar dapat di sampaikan melalui beragam cara dan media, salah satunya yakni dalam bentuk sebuah karya sastra tembang macapat. Karya sastra tembang macapat yang di teliti yaitu tembang macapat yang diajarkan di jenjang pendidikan dasar pada muatan lokal Bahasa Jawa kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai adab pelajar yang terkandung dalam tembang Jawa macapat pada muatan lokal Bahasa Jawa kurikulum 2013 jenjang pendidikan dasar dan implementasinya sebagai media pembelajaran akidah akhlak MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research (penelitian kepustakaan). Penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau content analysis. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Tembang macapat yang diajarkan di jenjang SD/MI yakni pada kelas III sampai kelas VI adalah tembang pocung, gambuh, pangkur, dan kinanthi. Terdapat 8 nilai-nilai yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu: (a) adab pelajar terhadap diri sendiri, meliputi: pelajar harus memiliki niat yang baik dalam menuntut ilmu, rajin membaca dan menghafal, memiliki sikap tawadhu, menghindari perbuatan tercela, menyedikitkan makan dan tidur secukupnya, mencari teman yang sholeh, serta bersungguh-sungguh dalam belajar. (b) adab pelajar terhadap gurunya, meliputi: memperhatikan dan menghormati guru. 2) Sedangkan untuk pengimplementasiannya terwujud dalam sebuah desain media pembelajaran pada suatu RPP, yakni dengan cara menggunakan tembang macapat sebagai salah satu media pembelajaran akidah akhlak di kelas II semester genap pada KD 3.4 Memahami sikap yang baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari dan KD 4.4 Mencontohkan adab yang baik ketika belajar, mengaji, dan bermain dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | adab pelajar, tembang macapat, media pembelajaran |
Subjects: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Akhlak berdasarkan naqli 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ratmaynawa Isnaeni sdri |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 06:00 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 06:00 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10872 |
Actions (login required)
View Item |