FENOMENA CINTA ROMANTIS PADA WARIA DALAM PERSPEKTIF THE TRIANGULAR THEORY OF LOVE MENURUT ROBERT J. STENBERG

Zakia Ayu, Wardana (2021) FENOMENA CINTA ROMANTIS PADA WARIA DALAM PERSPEKTIF THE TRIANGULAR THEORY OF LOVE MENURUT ROBERT J. STENBERG. Skripsi thesis, IAIN purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zakia Ayu Wardana_Fenomena Cinta Romantis Pada Waria Dalam Perspektif The Triangular Theory of Love Menurut Robert J. Stenberg.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Cinta Romantis Pada Waria Dalam Perspektif The Triangular Theory of Love Menurut Robert J. Stenberg.” Latar belakang penelitian ini adalah pada umumnya pasangan kekasih terjadi pada laki-laki dan perempuan tetapi berbeda dengan kaum waria yang jatuh cinta pada sesama jenis kelaminnya yaitu laki-laki, waria yang merupakan seorang laki-laki tetapi berpenampilan dan bersikap seperti seorang perempuan menyukai semasa jenis kelaminnya yaitu laki-laki. Seringkali kaum waria mengalami tindakan diskriminasi baik dari masyarakat, lingkungan maupun keluarga. Perlu adanya dorongan kasih sayang dan cinta yang diberikan pada waria. Pada peneltian ini menggunakan The Triangular Theory of Love pada jenis cinta romantic untuk melihat bagaimana komponen pada cinta romantis yang dirasakan oleh waria. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana bentuk keintiman dan gairah pada waria yang menjalin hubungan cinta menurut The Triangular Theory of Love dan bagaimana fenomena cinta romantis yang dalami waria ditinjau dari The Triangular Theory of Love. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keintiman dan Hasrat pada waria yang menjalin hubungan cinta menurut The Triangular Theory of Love dan untuk mengetahui bagaimana fenomena cinta romantis pada waria menurut The Triangular Theory of Love menurut Robert J. Stenberg. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi di mana pendekatan filosofis untuk menyelidiki atau meneliti pengalaman manusia. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan adanya perbedaan dan persamaan dalam merasakan aspek keintiman dan gairah menurut The Triangular Theory of Love. Cinta romantis yang dirasakan oleh Ketiga subjek penelitian adalah memiliki aspek keintiman dan gairah yang lebih tinggai dibandingkan dengan aspek komitmen. Adapun beberapa faktor yang membuat ketiga subjek penelitian menjadi waria adalah faktor biologis, faktor lingkungan, dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cinta Romantis, Waria, The Triangular Theory of Love
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Zakia Ayu Wardana
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:11
Last Modified: 13 Aug 2021 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10836

Actions (login required)

View Item View Item