IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MATERI MUFRODAT MELALUI MEDIA GOOGLE CLASSROOM DI MTs N 2 PURBALINGGA

Lisa, Nur Afifah (2021) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MATERI MUFRODAT MELALUI MEDIA GOOGLE CLASSROOM DI MTs N 2 PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISA NUR AFIFAH_IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MATERI MUFRODAT MELALUI MEDIA GOOGLE CLASSROOM DI MTS N 2 PURBALINGGA.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi bahwa MTs N 2 Purbalingga menerapkan metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya di kelas VII. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang implementasi metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi mufrodat melalui media google classroom di MTs N 2 Purbalingga. Metode pembelajaran adalah salah satu dalam proses kegiatan pembelajaran karena merupakan faktor penting, oleh karena itu seorang guru harus benar-benar dapat memilih dan menentukan metode yang tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode drill dalam pembelajaran bahasa Arab pada materi mufrodat melalui media google classroom di MTs N 2 Purbalingga. Kemudian dijelaskan tentang metode drill, dasar-dasar pembelajaran bahasa Arab, langkah-langkah penguasaan materi mufrodat, serta penggunaan media google classroom dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang penulis lakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N 2 Purbalingga sudah tepat, yaitu guru dalam proses pembelajaran melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kemudian dalam pelaksanaannya guru memanfaatkan media daring/online yaitu menggunakan aplikasi google classroom. Aplikasi ini dinilai cukup efektif dalam penunjang kegiatan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Menggunakan metode drill dalam kegiatan pembelajaran ini dapat meningkatkan ketangkasan peserta didik, dan meningkatkan keaktifan peserta didik. Kata Kunci : Metode Drill, Pembelajaran Bahasa Arab, Google Classroom

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Pembelajaran Bahasa Arab, Google Classroom
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 410 Linguistics
400 Language > 490 Other languages
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lisa Nur Afifah sdr
Date Deposited: 12 Aug 2021 23:58
Last Modified: 12 Aug 2021 23:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10802

Actions (login required)

View Item View Item