Indah Mushafiyah, Lestari (2021) PRAKTIK MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI RUMAH TAHFIDZ DARUL QUR'AN AL-MAHMUDIYAH TEGAL. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
Indah Mushafiyah Lestari_Praktik Manajemen Kelas pada Pembelajaran Al-Qur'an di Rumah Tahfidz Darul Qur'an Al-Mahmudiyah Tegal.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan islam adalah suatu sistem pendidikan yang menjadikan manusia dapat mempunyai arah kehidupannya yang sesuai cita-cita islami. Salah satu materi yang diajarkan dalam pendidikan islam adalah Al-Qur’an. Dalam meningkatkan mutu pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan proses belajar mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kelas pada pembelajaran Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Darul Qur’an Al-Mahmudiyah Tegal. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek peneliti dengan cara deskripsi pada suatu konteks yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala Rumah Tahfidz, pengurus, pengajar, wali murid, serta peserta didik Rumah Tahfidz Darul Qur’an Al-Mahmudiyah Tegal. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa praktik manajemen kelas dalam perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dimulai dengan menyusun tujuan pembelajaran Al-Qur’an, adanya pengaturan peserta didik, pengaturan lingkungan fisik kelas, dan peran seorang guru di dalam kelas. Pada pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an terdapat mekanisme serta proses belajar mengajar yang disusun secara sistematis. Selain itu, guru sebagai pengelolaan kelas juga kerap menciptakan suasana kelas dengan kondusif. Maka dari itu, Rumah Tahfidz ini sudah banyak mencetak penghafal Al-Qur’an di usia dini, proses pembelajarannya menggunakan alur yang sistematis dan menjadi ketertarikan bagi semua masyarakat sekitar untuk memasukan anaknya ke Rumah Tahfidz ini, bukan hanya dari dalam desa saja melainkan dari luar desa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas, Pembelajaran Al-Qur'an |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indah Mushafiyah Lestari sdr |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 03:45 |
Last Modified: | 19 Aug 2021 03:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10800 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |