PENERAPAN METODE HAFALAN JUZ 'AMMA DENGAN GERAKAN TANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK DARUL QUR'AN KARANG TENGAH KECAMATAN BATURRADEN

Desi, Febriani (2021) PENERAPAN METODE HAFALAN JUZ 'AMMA DENGAN GERAKAN TANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TK DARUL QUR'AN KARANG TENGAH KECAMATAN BATURRADEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Dafar Pustaka..pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESI_FEBRIANI _ HAFALAN JUZ 'AMMA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode hafalan juz 'amma dengan gerakan tangan di TK Darul Qur'an Karang Tengah Kecamatan Baturraden. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan guna untuk memperoleh data dan informasi yang terkait dengan penelitian. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan wali murid. Sedangkan obyek dalam penelitian ini yaitu penerapan hafalan juz 'amma dengan gerakan tangan pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan wawancara,observasi,dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, sajian data dan verifikasi data. Tujuan dari penerapan metode hafalan juz 'amma dengan gerakan tangan yaitu untuk mengetahui penerapan hafalan juz 'amma dengan gerakan tangan pada anak usia dini. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa penerapan hafalan juz 'amma dengan gerakan tangan memudahkan setiap guru dalam membimbing anak untuk hafalan, memudahkan anak untuk mengingat hafalan yang telah diajarkan, memudahkan anak memahami makna dari ayat yang di hafal, melatih fisik motorik anak melalui gerakan tangan dan mendekatkan anak dengan kecintaan terhadap Al Qur'an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Hafalan, Juz „Amma, Gerakan Tangan, TK Darul Qur‟an Al Karim
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Desi Febriani
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:57
Last Modified: 12 Aug 2021 07:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item