KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF KEBANARAN KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA

Anisa, Anggraeni (2021) KEMAMPUAN BERBICARA DI DEPAN KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF KEBANARAN KECAMATAN MANDIRAJA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full Anisa Anggraeni (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik adalah bentuk model pembelajaran terpadu yang menggabungkan suatu konsep dalam beberapa materi. Salah satu ciri pembelajaran tematik adalah dapat mengkomunikasikan ilmu pengetahuan yang sedang dipelajari. Sehingga penting sekali untuk siswa mengembangkan kemampuan berbicaranya. Penelitian ini berupaya untuk mengidentifikasi bagaimana kemampuan berbicara di depan kelas pada pembelajaran tematik siswa kelas V di Mi Ma’arif Kebanaran. Data untuk mengetahui kemampuan berbicara siswadi depan kelas pada pembelajaran tematik penulis peroleh dari beberapa sumber diantaranya wali kelas V dan siswa kelas V. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah kemampuan berbicara di depan kelas pada pembelajaran tematik siswa kelas V. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang penulis lakukan kemudian peneliti menganalisis data tersebut sehingga dapat diperoleh hasil informasi dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pembelajaran tematik siswa dituntut untuk selalu aktif, karena pembelajaran tematikmenggunakan pendekatan saintifik, dimana pendekatan saintifik melibatakan 5 M yaitu, mengamati, menanya, menalar, menginformasikan dan mencoba. Melalui pembelajaran tematik maka dapat diketahui kemampuan berbicara siswa di depan kelas yang meliputi mampu menguasai topik pembicaraan, melafalkan kata atau kalimat dengan tepat, mampu membuka dan menutup pembicaraan sesuai dengan topik pembicaraan, memiliki sikap tubuh yang tegap, mampu memaparkan isi pembicaraan, mampu menggunakan tempo dan suara sesuai dengan isi, tidak dan percaya diri ketika berbicara. Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Pembelajaran Tematik, MI Ma’arif Kebanaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berbicara, Pembelajaran Tematik, MI Ma’arif Kebanaran
Subjects: 000 Generalities > 080 General collections
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anisa Anggraeni
Date Deposited: 12 Aug 2021 07:28
Last Modified: 12 Aug 2021 07:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item View Item