KONTRIBUSI WISATA ALAM KEMIT FOREST EDUCATION BAGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KARANGGEDANG KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP)

Nurul, Hidayah (2021) KONTRIBUSI WISATA ALAM KEMIT FOREST EDUCATION BAGI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA KARANGGEDANG KECAMATAN SIDAREJA KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nurul Hidayah_Kontribusi Wisata Alam Kemit Forest Education Bagi Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Kemit Forest Education merupakan tempat wisata yang dikenal dengan aneka wahana permainan, spot foto kekinian diantara pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, udaranya yang segar dan pemandangan hijau yang sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Salah satu tujuan dikembangkannya wisata ini yakni mensejahterakan masyarakat. Dalam upaya mensejahterakan ekonomi keluarganya, masyarakat Desa Karanggedang berusaha menciptakan usaha baru seperti membuka toko kelontong, warung kopi, dan warung makan disekitar wisata Kemit Forest Education untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penelitian ini membahas bagaimana kontribusi wisata alam Kemit Forest Education bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat perspektif ekonomi islam. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan (field research) yakni penulis langsung terjun ke wisata alam Kemit Forest Education di Desa kranggedang Kecamatan Sidareja, Cilacap. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan yakni sebanyak 10 responden. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa masyarakat Desa Karanggedang mendapatkan penghasilan tambahan dari usaha membuka toko kelontong dan warung makan disekitar wisata Kemit Forest Education sehingga secara signifikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Masyarakat yang sebagain besar bekerja sebagai petani yang hasil panennya baru dapat dinikmati setiap 6 bulan sekali merasa terbantu dengan adanya usaha tersebut. Dalam perspektif ekonomi Islam masyarakat Desa Karanggedang terutama pelaku usaha di sekitar wisata Kemit Forest Education mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan tetapi hanya sampai pada pemenuhan kebutuhan dharuriyat dan hajiyat saja, sedangkan kebutuhan tahsiniyat belum bisa terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wisata, Kontribusi, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Hidayah sdr
Date Deposited: 09 Aug 2021 23:21
Last Modified: 09 Aug 2021 23:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item