PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI RW 1 DESA BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA BANYUMAS)

Fitri Mellinia, Eka Wahyuni (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI DI RW 1 DESA BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA BANYUMAS). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FITRI MELLINIA_PAI_1717402070.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Di masa Covid-19 ini, proses pendidikan harus tetap berjalan walaupun secara daring. Dengan adanya proses belajar mengajar secara daring, membuat anak lebih membutuhkan orang yang dapat mengawasi, membimbing dan memperhatikannya. Secara tidak langsung juga sekolah daring telah mengembalikan tugas serta tanggung jawab orang tua dalam melakukan pendidikan bagi anak-anaknya khususnya dalam pendidikan akhlak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang bagaimna peran orang tua dalam pendidikan akhlak anak di masa Covid-19 di Desa Bobosan, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pendidikan akhlak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua di Desa Bobosan dan anak yang berumur 6-12 tahun. Untuk memperoleh data-data yang tepat dari penelitian maka penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan teori dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa secara umum pendidikan akhlak yang telah dilakukan oleh orang tua telah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti bahwa orang tua telah berupaya sebaik mungkin dengan cara memberikan keteladanan dan pembiasaan-pembiasaan yang baik, memberikan pendidikan yang terbaik, mengajarkan kebaikan dan meninggalkan keburukan dan yang terpenting adalah memastikan anak untuk selalu menerapkan sikap disiplin dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Adapun faktor pendukungnya yaitu perhatian dan pengawasan orang tua, pembawaan dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu minimnya pengetahuan yang dimiliki orang tua serta faktor media massa atau teknologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua pendidikan akhlak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitri Mellinia Eka Wahyuni sdr
Date Deposited: 09 Aug 2021 23:08
Last Modified: 09 Aug 2021 23:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10729

Actions (login required)

View Item View Item