METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH (MA) AR RIDLO PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

KHASAN, NIM. 102331157 (2016) METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH (MA) AR RIDLO PEKUNCEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
KHASAN_METODE_PEMBELAJARAN_FIQIH_DI_MADRASAH_ALIYAH_AR_RIDLO_PEKUNCEN_KAB._BANYUMAS.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran merupakan teknik penyajian yang dikuasai oleh guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, baik secara individual maupun secara kelompok agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Sedangkan ilmu fiqh adalah suatu ilmu yang mempelajari syari‟at yang bersifat amaliah (perbuatan) yang diperoleh dari dalil-dalil hukum yang terperinci dari ilmu tersebut. Yang menjadi fokus permasalahan dalampenelitianiniadalahbagaimana seorang guru Fiqih di Madrasah Aliyah Ar Ridlo Pekuncen menggunakan Metode Pembelajaran yang bermacam- macam untuk memudahkan siswa memahami pelajaran. Selain itu bagaimana juga guru Fiqih memanfaatkan dan memilih metode – metode pembelajaran yang dikuasainya untuk memaksimalkan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang tidak menggunakan angka-angka dalam menentukan hasilnya, tetapi melihat secara langsung fenomena yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu, pendekatan yang dianggap tepat dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian penulis, guru Mata Pelajaran Fiqih Madrasah Aliyah Ar Ridlo Pekuncen menggunakan berbagai macam metode ketika menyampaikan materi Fiqih di dalam kelas. Adapun metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode kerja kelompok dan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, FiqihdanMadrasah Aliyah Ar Ridlo Pekuncen
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 08 Sep 2016 03:55
Last Modified: 08 Sep 2016 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item