IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS V MI MA'ARIF NU 1 KRANGGAN

Zidni, Milati (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) MENGGUNAKAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS V MI MA'ARIF NU 1 KRANGGAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover-BAB I-BAB V-Daftar Pustaka.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Zidni Tias Milati-Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Menggunakan Whatsapp Group Sebagai Media Pembelajaran Di MI Ma'arif NU 1 Kranggan.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Menurut Albert Efendi pohan dalam bukunya yang berjudul Konsep pembelajaran Daring berbasis pendekatan ilmiyah menyatakan bahwa pembelajaran dalam jaringan merupakan pembelajaran yang berlangsung didalam jaringan dimana pengajar dan yang diajar tidak bertatap muka secara langsung, maka dari itu pembelajaran daring tidak melibatkan interaksi secara fisik melainkan interaksi yang dilakukan secara virtual dan membutuhkan media sebagai perantara agar pesan dan informasi dapat tersampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring, faktor penghambat, kelebihan dan kekurangan yang ditimbulkan, hasil dari pembelajaran dalam jaringan menggunakan whatsapp group sebagai media pembelajaran di kelas V MI Ma’arif NU 1 Kranggan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode sebagai berikut: (1) jenis penelitian kualitatif, (2) sumber data : narasumber dan whatsapp group kelas V, (3) teknik pengumpulan data adalah wawancara secara mendalam kepada kepala sekolah, guru kelas V, siswa dan orang tua siswa, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1)Pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) di kelas V MI ma’arif NU 1 Kranggan menggunakan Whatsapp Group sebagai media utama untuk belajarnya. Sebagai media evaluasinya menggunakan google from. (2) Implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) menggunakan whatsapp group sebagai media pembelajaran di kelas V MI Ma’arif NU 1 kranggan belum menghasilkan pembelajaran yang efektif ditandai dengan peserta didik kurang respondsif dalam mengikuti pembeljaran yang berlangsung didalam whatsapp group.(3) Faktor penghambatnya adalah Kurangnaya pengawasan orang tua, Sarana dan prasarana yang kurang memadai, Faktor dalam diri siwa yaitu rasa malas untuk belajar. (4) Kelebihan nya adalah : Waktu pembelajaran jadi lebih fleksibel, Anak dan orang tua menjadi lebih dekat. (5) Kekurangan pembelajara daring adalah: Anak-anak kecanduan terhadap penggunaan handphone, Kurangnya pemahaman orang tua tentang materi pembelajaran, Kesulitan belajar, Timbulnya rasa malas untuk belajar Kata Kunci : Daring, Pembelajaran, whatsapp group

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daring, Pembelajaran, WhatsApp group
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ZIDNI TIAS MILATI sdri
Date Deposited: 09 Aug 2021 22:54
Last Modified: 09 Aug 2021 22:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item